Waspada, Salah Pakai Jenis Oli Mesin Dapat Picu Penguapan Oli di Kendaraan

0
104

Sahabat JD.ID, bagi kamu yang berkatifitas sehari-hari menggunakan pribadi. Harus mewasadai, salah pakai jenis oli mesin mobil bisa picu penguapan oli berlebih. menggunakan jenis oli mesin mobil sesuai spesifikasi dan kualitas yang sudah direkomendasikan.

Jenis oli mesin mobil yang sesuai akan menghindari penguapan oli mesin secara berlebih. Sebab jenis oli mesin yang digunakan sudah disesuaikan dengan titik panas dan gesekan komponen dari konstruksi mesin.

Yang nantinya bisa berdampak pada kerusakan mesin karena menurunnya fungsi pelumasan. Penyebabnya karena viskositas oli mesin yang tidak bisa menyesuaikan percepatan pelumasan. Sejatinya oli mesin harus mampu bisa melumasi ke seluruh bagian hingga ke celah tersempit.

Oli mesin terlalu encer kurang mengikat ke komponen, terlalu kental tidak bisa masuk ke celah tersempit. Jadi ada titik panas komponen yang lebih tinggi sehingga memicu terjadi penguapan. Begitu juga dengan base oil yang digunakan terhadap ketahanan temperatur mesin saat bekerja.

Jika pada mesin mobil modern sekarang banyak menggunakan base oil dengan unsur sintetik. Oli mesin sintetik bisa disesuaikan ketahannya terhadap suhu tertinggi yang bisa dihasilkan mesin. Jika base oil tidak tahan terhadap suhu tinggi mesin maka cepat menguap.

Sahabat JD.ID harus teliti dalam memilih oli kendaraan, temukan beragam jenis oli yang sesuai dengan kebutuhan hanya di JD.ID #DijaminOri.