Yuk Cek Pajak Mobil dan Hal Penting Lainnya Sebelum Mudik !

0
2943
Yuk Cek Pajak Mobil dan Hal Penting Lainnya Sebelum Mudik !

Menjelang mudik lebaran, mengendarai kendaraan pribadi layaknya mobil menjadi salah satu cara yang paling banyak dilakukan. Pasalnya dengan mengenakan mobil kamu bisa merasa lebih aman dan leluasa mudik bersama keluarga tercinta. Namun sudahkan kamu cek pajak mobil? Jangan sampai kamu kena tilang karena lupa bayar pajak ya.

Sebagai pemilik kendaraan bermotor hukumnya wajib untuk membayar pajak. Nah saat menjelang hari raya seperti mudik lebaran ini biasanya petugas sangat aktif dalam memeriksa kendaraan. Mengapa demikian?

Hal ini dikarenakan banyaknya masyarakat Indonesia yang masih sering melanggar aturan, dan menghalalkan segala cara untuk mudik. Untuk itu pastikan bahwa kamu sudah membayar pajak terlebih dahulu sebelum musdik ya.

Baca Juga: Selain Pajak Mobil Murah, Ini Alasan Hyundai IONIQ 5 Banyak Di Buru Orang!

Apa Itu Pajak Kendaraan Bermotor?

Lalu apa sih itu pajak kendaraan bermotor? Pajak kendaraan bermotor merupakan pajak yang diberlakukan pada kendaraan yang memiliki roda dua layaknya sepeda motor ataupun roda empat yakni mobil.

Besar biaya pajak yang ditanggung oleh pemilik kendaraan tersebut pastinya berbeda-beda. Tentunya itu semua tergantung pada jenis kendaraan yang digunakan, tahun pembelian kendaraan, dan lain sebagainya.

Lantas Bagaimana Cara Cek Pajak Mobil?

Ada beberapa cara untuk mengecek pajak mobil. Tentunya cara-cara ini sangatlah mudah dan dapat kamu lakukan. Apa saja itu?

1. Mengek Pajak Mobil Via Website E-Samsat

  • Pertama-tama kamu bisa membuka browser terlebih dahulu
  • Selanjutnya masukan alamat link https://e-samsat
  • Kemudian isilah secara lengkap formulir yang tersedia mengenai informasi jenis kendaraan kamu
  • Klik “Cek Sekarang”
  • Dan munculah berbagai macam informasi mengenai kendaraan mobil kamu seperti merk mobil, tahun, nomor rangka dan mesin mobil kamu, biaya pajak yang wajib kamu bayarkanserta keterangan lainnya

2. Aplikasi E-Samsat untuk Pengecekan Pajak

Yuk Cek Pajak Mobil dan Hal Penting Lainnya Sebelum Mudik !
Source: BPRD Jakarta
  • Ingin yang lebih praktis tentunya kini tersedia aplikasi e-Samsat. Kamu dapat mengunduhnya terlebih dahulu ya
  • Pilihlah wilayah kendaraan kamu berada dan masukan plat nomor kendaraan yang dimiliki
  • Dan setelah itu kamu bisa melihat berbagi informasi mengenai biaya pajak, tanggal pajak, dsbnya.

3. Cek Pajak Mobil Via SMS 

Jika kamu masih bingung mengaplikasikan berbagai cara melalui website atau aplikasi kamu bisa mencoba cara yang satu ini yakni dengan SMS. Sayangnya layanan ini hanya untuk jenis layanan pajak tahunan saja dan hanya tersedia untuk beberapa wilayah saja.

Wilayah DKI Jakarta:

Ketik: METRO[spasi]Nomor Kendaraan Anda. Contoh: METRO B1234AB. Lalu kirim ke 1717

Wilayah Jawa Barat:

Ketik: poldajbr[spasi]Nomor Kendaraan Anda. Contoh: poldajbr D1234AB. Lalu kirim ke 3977

Wilayah Jawa Tengah: 

Ketik: JATENG[spasi]Nomor Kendaraan Anda. Contoh: JATENG H1234AB. Lalu kirim ke 9600.

Wilayah Jawa Timur:

Ketik: JATIM[spasi]Nomor Kendaraan Anda. Contohnya seperti JATIM L1234AB. Lalu kirim ke 7070.

Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta:

Ketik: DIY[spasi]Nomor Kendaraan Anda. Contoh: DIY AB1234AB. Lalu kirim ke 9600.

Melewati Samsat:

  • Buka pesan pada ponsen kamu lalu buat pesan baru dan ketik: Info (spasi) nomor polisi/kode plat nomor/kode seri plat motor/warna motor.
  • Kirim ke nomor 08112119211
  • Setelah itu silahkan tunggu balasan dari Samsat. Nantinya kamu akan diberikan info lengkap mengenai biaya pajak dan informasi lainnya secara lengkap.

Baca Juga: Mau Mudik Lebih Aman Pakai Mobil Pribadi, tapi Cari Tau Dulu Bagaimana Tips Belajar Mobil yang Cepat dan Aman. Simak Caranya!

4. Cek dan Bayar Pajak Mobil Melewati Kantor Samsat 

Rupanya kamu masih terlalu pusing dan kurang yakin dengan 3 cara diatas. Atau kamu ingin mengecek langsung sekalian membayar pajak dengan mengunjungi Samsat? Nah cara ini juga masih sangat sering dilakukan oleh masyarakat indonesia, apalagi yang masih tinggal di daerah.

Untuk itu ada beberapa dokumen yang wajib kamu persiapkan untuk mengecek sekaligus membayar pajak. Yakni:

  • KTP asli dan fotokopi
  • BPKB asli dan fotokopi lembar pertama BPKB
  • STNK asli dan fotokopi
  • Bukti Pembayaran Kendaraan Bermotor (PKB) terakhir

Prosedur:

  • Kunjungi kantor Samsat terdekat
  • Ambil formulir pembayaran pajak dan isi dengan lengkap
  • Berikan pata petugas dan ambil nomor antrian
  • Setelah dipanggil kamu akan diberikan informasi biaya pajak yang wajib kamu bayarkan
  • Cek kembali pajak mobil serta data kendaraan kamu. Tujuannya agar tak terjadi kesalahan. Jika ada hal yang tak seharusnya kamu dapat menanyakan kembali kepada petugas untuk segera dijelaskan dan diproses lebih lanjut
  • Selanjutnya kamu isa kunjungi loket pembayaran. Janigan lupa untuk meminta cap dan tanda tangan yang menyatakan kamu sudah lunas membayar biaya pajak mobil yang kamu miliki
  • Selanjutnya ambil kembali STNK yang telah berhasil diperpanjang.

Perhatikan Pula Hal Ini!

promo ban mobil JD ID

Selain mengecek pajak mobil, kamu juga wajib mngecek berbagai suu cadang atau mesin mobil. Ingat keselamatan dalam berkendara merupakan hal yang utama. Jangan karena hal sepele berburu mudik, kamu melewatkan berbagai hal penting ya.

Beberapa hal yang wajib kamu periksa sebelum menempuh perjalanan yang cukup jauh yakni mesin, oli mobil, rem, ban mobil, lampu depan dan belakang mobil, wiper, kaca film, serta aki mobil. Faktor-fator tersebutlah yang seringkali menjadi alasan utama terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Jika sekiranya ada yang rusak dan wajib kamu ganti atau perbaiki. Segeralah ganti sebelum melakukan perjalanan panjang. Untuk membeli berbagai macam aksesoris dan suku cadang mobil bisa kamu dapatkan di JD.ID sebagai toko online terpercaya di Indonesia.

Kamu juga bisa mendapatkan harga yang lebih terjangkau karena ada banyak promo menarik di bulan Ramadan ini ya. Tunggu apalagi yuk persiapkan mudik tahun ini dengan cek pajak serta keadaan mobil kamu sekarang juga, agar mudik kamu bisa berjalan dengan lancar.