5 Rukun Umroh yang Diajarkan Rasulullah, Ibadah Makin Afdal!

0
907
Rukun Umroh
Foto: Instagram.com/@fuji_an

Rukun umroh menjadi hal penting yang harus kamu pelajari sebelum menunaikan ibadah ke Tanah Suci. Pasalnya, terdapat berbagai rangkaian aktivitas yang wajib dilakukan agar umroh sempurna dan sah.

Berdasarkan buku Fiqih Umroh yang ditulis Muhammad Ajib, Lc, MA berpendapat bahwa ibadah umroh hukumnya wajib bagi yang mampu. Adapun pelaksanaan umroh disebutkan dalam sejumlah ayat Al-Quran, salah satunya surat Al Baqarah ayat 158 yang berbunyi:

إِنَّ ٱلصَّفَا وَٱلْمَرْوَةَ مِن شَعَآئِرِ ٱللَّهِ ۖ فَمَنْ حَجَّ ٱلْبَيْتَ أَوِ ٱعْتَمَرَ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْهِ أَن يَطَّوَّفَ بِهِمَا ۚ وَمَن تَطَوَّعَ خَيْرًا فَإِنَّ ٱللَّهَ شَاكِرٌ عَلِيمٌ

Artinya: “Sesungguhnya Shafaa dan Marwa adalah sebahagian dari syi’ar Allah. Maka barangsiapa yang beribadah haji ke Baitullah atau berumrah, maka tidak ada dosa baginya mengerjakan sa’i antara keduanya. Dan barangsiapa yang mengerjakan suatu kebajikan dengan kerelaan hati, maka sesungguhnya Allah Maha Mensyukuri kebaikan lagi Maha Mengetahui.”

Mengingat umroh menjadi salah satu ibadah umat Islam yang memiliki pahala besar, pentingnya kamu mengetahui urutan rukun umroh yang benar. Dengan begitu, perjalanan kamu ke Baitullah akan terasa lebih khusyu’.

Baca Juga: Paket Biaya Umroh Terbaru Sesuai Standar Kemenag

Urutan Rukun Umroh Sesuai Ajaran Nabi Muhammad SAW

Urutan Rukun Umroh Sesuai Ajaran Nabi Muhammad SAW
Foto: Instagram.com/@ayutingting92

Pengertian umroh secara bahasa adalah berkunjung. Makna tersebut disimpulkan, bahwa umroh merupakan ibadah sunnah yang dilakukan secara langsung di Tanah Suci Mekkah atau berziarah ke Ka’bah dengan melakukan beberapa amalan yang ada pada rukun umroh.

Untuk melaksanakan ibadah ini dapat dilakukan kapan pun di sepanjang tahun. Namun berbeda dengan haji yang hanya dilaksanakan pada bulan Syawal. Untuk itu, kamu perlu mengetahui lima rukun umroh seperti yang diajarkan oleh Rasulullah. Berikut di antaranya:

1. Rukun Umroh: Niat atau Ihram

Rukun umroh yang pertama yaitu harus diawali dengan niat. Para calon jamaah tidak diperbolehkan untuk melanggar larangan yang bisa membatalkan umroh. Kamu juga harus mengucapkan niat dari miqat atau permulaan melaksanakan ibadah umroh.

Selain itu, umat muslim juga diwajibkan untuk mengenakan pakaian ihram yang tidak berjahit dan tidak mengenakan penutup kepala bagi laki-laki. Sedangkan, untuk perempuan memakai pakaian menutup aurat secara lengkap, termasuk menggunakan kaos kaki.

2. Tawaf

Saat berada di Tanah Suci, kamu diharuskan untuk mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali yang dimulai dari Hajar Aswad. Kegiatan itu disebut sebagai Tawaf. Kamu juga wajib mengucapkan kalimat Allahu Akbar dan mengusap Hajar Aswad saat melewati.

Akan tetapi, Ka’bah umumnya selalu ramai dipadati oleh umat islam. Oleh karena itu, jika tidak memungkinkan, kamu dapat melambaikan tangan Hajar Aswad. Tak hanya itu, kamu juga diperbolehkan untuk melafadzkan doa atau harapan yang diinginkan.

3. Rukun Umroh, Sa’i

Pada rukun umroh yang ketiga, jamaah akan melakukan kegiatan Sa’i yaitu berlari-lari kecil dari bukit Shafa ke bukit Marwah yang dilakukan sebanyak tujuh kali. Dalam melakukan rangkaian ibadah ini, tidak ada doa khusus yang harus dibacakan, namun kamu bisa memanjatkan doa yang diharapkan.

Akan tetapi, Sa’i juga sebaiknya dilakukan secara terus menerus dan tidak boleh diselingi dengan berbincang, ke kamar mandi, maupun melakukan kegiatan lainnya. 

Ibadah Sa’i berasal dari kisah Siti Hajar yang harus mencari minum untuk Nabi Ismail AS saat masih kecil. Istri Nabi Ibrahim AS tersebut harus berlari dari bukit Shafa ke Marwah untuk mencari sumber air yang kini dikenal dengan nama mata air zam-zam.

4. Tahallul

Usai melaksanakan Tawaf dan Sa’i, jamaah wajib menutup ibadah umroh dengan melakukan Tahallul. Artinya di sini yaitu, menyelesaikan ibadah dari larangan Ihram salah satunya adalah menggunting paling sedikit tiga helai rambut.

Rukun umroh keempat ini dilakukan di luar Masjidil Haram dekat bukit bukit Marwah. Setelah usai melakukan Tahallul, kamu sudah bisa melakukan kegiatan bebas di luar ibadah.

5. Tertib

Sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW, pelaksanaan ibadah ke Baitullah harus dilakukan secara tertib dan sesuai dengan urutan yang sudah ditetapkan. Para jamaah diharuskan untuk tidak boleh melewati rangkaian ibadah dari awal hingga akhir.

Tempat Ibadah dan Wisata di Mekkah-Madinah

Tempat Ibadah dan Wisata di Mekkah Madinah
Foto: Instagram.com/@mrsayudewi

Kota Mekkah dan Madinah memang lekat dengan umat muslim, keduanya menjadi saksi Nabi Muhammad SAW berjuang menyebarkan agama Islam. Itulah kenapa, lokasi tersebut menjadi tempat untuk melakukan ibadah umroh dan haji.

Tak hanya untuk beribadah, beberapa daerah di Mekkah dan Madinah juga menawarkan destinasi wisata religi yang wajib kamu kunjungi. Berikut informasinya:

  • Masjidil Haram, menjadi tujuan utama dan tempat melakukan ibadah thawaf, sa’i, shalat dan i’tikaf ketika umrah.
  • Masjid Nabawi, merupakan rumah peninggalan Nabi Muhammad SAW yang kini  menjadi salah satu masjid terbesar di kota Madinah. Sering menjadi tempat ibadah ketika umroh, masjid ini mampu menampung hingga satu juta jamaah.
  • Masjid Quba, terletak di daerah Quba, tempat ibadah ini pertama kali dibangun oleh Nabi Muhammad SAW pada 1 Hijriah atau sekitar 662 Masehi.
  • Gua Hira, adalah satu lokasi yang menjadi saksi bisu ketika Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama dari Allah SWT.
  • Jannatul Baqi, salah satu pemakaman utama yang ada di kota Madinah. Di tempat ini lah keluarga, kerabat serta sahabat Nabi Muhammad SAW dimakamkan.
  • Jabal Tsur, berlokasi di salah satu bukit tertinggi di Makkah, tempat ini pernah dijadikan sebagai persembunyian Nabi Muhammad SAW dan Abu Bakar Ash-Shiddiq ketika dikejar oleh kaum kafir Quraisy saat hendak hijrah ke Madinah.
  • Bukit Shafa dan Marwah, tempat ini menjadi salah satu rukun umroh dan saksi perjuangan istri Nabi Ibrahim AS, yaitu Siti Hajar untuk mencari mata air yang akan diberikan kepada putranya Nabi Ismail AS saat masih kecil.
  • Mata Air Zam-Zam, saat melaksanakan ibadah umroh tentu tidak afdal tanpa membawa pulang air zam-zam. Seperti diketahui, mata air ini diyakini tidak pernah kering meskipun saat musim kemarau.

Baca Juga: Tips Menabung Rp 40 Juta Buat Umroh dalam Setahun

Lokasi yang Dikunjungi Ayu Dewi Saat Menjalani Rukun Umroh

Ayu Dewi di Sumur Adzak
Foto: Instagram.com/@mrsayudewi

Artis cantik Ayu Dewi baru saja menunaikan ibadah umroh bersama sang suami, yaitu Regi Datau. Melalui Instagram pribadinya @mrsayudewi, presenter “Dahsyatnya 2022” ini kerap membagikan aktivitasnya selama berada di Tanah Suci.

Tak hanya mengunggah kegiatan ibadah dalam melaksanakan rukun umroh,, Ayu Dewi juga berpose mesra dengan kekasih hatinya. Penasaran seperti apa potret ibu tiga orang anak ini saat melaksanakan umroh? Intip di bawah ini:

1.  Senyum sumringah terlihat saat Ayu Dewi dan Regi Datau melakukan rukun umroh di Ka’bah

Rukun Umroh, Masjidil Haram
Foto: Instagram.com/@mrsayudewi

2. Mengenakan outfit serba hitam dan baju koko putih, pasangan yang menikah pada tahun 2012 terlihat begitu romantis. Setuju?

Rukun Umroh, Masjid Nabawi
Foto: Instagram.com/@mrsayudewi

3. Ayu Dewi tampak khusyu’ saat membaca Al-Quran. Semoga dapat pahala berlimpah ya

Ayu Dewi di Masjid Nabawi
Foto: YouTube.com/Ayu Dewi

4. Senangnya BUAGA ketika beribadah di masjid yang pertama kali dibangun oleh Nabi Muhammad SAW

Masjid Quba
Foto: Instagram.com/@mrsayudewi

5. Ayu Dewi tidak ingin ketinggalan membasuh tangan dan wajah seperti Rasulullah

Sumur Adzaq
Foto: YouTube.com/Ayu Dewi

6. Memakai pakaian senada, Ayu Dewi dan Regi Datau berpose mesra dengan pemandangan indah di Madinah Al Munawar

Madinah Al Munawar
Foto: Instagram.com/@mrsayudewi

7. Raut wajah bahagia terpancar dari kedua pasangan ini saat berada di tempat persembunyian Rasulullah ketika diserang oleh kaum Quraish

Jabal Tsur
Foto: Instagram.com/@mrsayudewi

Itu dia ulasan singkat mengenai rukun umroh yang harus kamu lakukan saat melaksanakan ibadah ke Tanah Suci. Menjadi salah satu amalan dengan pahala besar, kamu bisa memilih paket umroh dengan jaminan harga termurah di JD.ID.

Hanya dengan melakukan Down Payment (DP) sebesar Rp 10 juta, kamu sudah dapat merencanakan perjalanan umroh dengan lebih optimal. Pasalnya, tour travel yang ada di JD.ID menawarkan beragam fasilitas terbaik dan menguntungkan.

Promo Umroh 2022 2023

Nikmati juga berbagai macam promo seperti potongan harga, voucher diskon, cashback, hingga cicilan 0%. Yuk, andalkan JD.ID sebagai perjalanan ibadah umroh kamu yang menyenangkan.