Cek Iuran BPJS Kesehatan Terbaru di Sini!

0
4232
Cek Iuran BPJS Kesehatan Terbaru di sini!
Source: Republika

Akhir-akhir ini tercetus informasi bila iuran BPJS Kesehatan akan mengalami perubahan. Hal ini karena pemerintah mengeluarkan wacana untuk menghapus kelas rawat inap 1,2 dan 3 dalam kepesertaan BPJS menjadi Kelas Rawat Inap Standar atau tunggal.

Nantinya iuran BPJS Kesehatan tidak akan berbeda lagi seperti yang saat ini terjadi. Melainkan disesuaikan dengan penghasilan peserta berdasarkan besaran gaji yang diperoleh dengan menggunakan asas gotong royong.

Sayangnya sampai saat ini, pemerintah belum secara resmi mengumumkan informasi terbaru besaran iuran tersebut. Namun, untuk mengingatkan kembali terkait besaran iurannya kamu bisa menyimak pembahasan ini hingga akhir.

Baca Juga: Keuntungan Bayar Tagihan di JD.ID

Besaran iuran BPJS Kesehatan terbaru sebelum adanya perubahan

Besaran iuran BPJS Kesehatan terbaru sebelum adanya perubahan- JD.ID
Source: Kompas.com

Melansir dari situs resmi BPJS Kesehatan, berikut daftar besaran iuran yang ditetapkan untuk berbagai golongan masyarakat.

  • Golongan pekerja bukan penerima upah (Peserta mandiri)
    • Rp 42.000 per orang per bulan untuk peserta BPJS Kesehatan kelas III
    • Rp 100.000 per orang per bulan untuk peserta BPJS Kesehatan kelas II
    • Rp 150.000 per orang per bulan untuk peserta BPJS Kesehatan kelas I
  • Golongan Pekerja Penerima Upah di lembaga pemerintahan, BUMN, hingga swasta sebesar 5% dari upah yang diterima, dengan ketentuan: 4 % dibayarkan oleh pemberi kerja dan 1% dibayarkan oleh penerima kerja.
  • Iuran jaminan kesehatan untuk Veteran, perintis kemerdekaan, dan janda, duda, atau anak yatim piatu dari Veteran atau Perintis Kemerdekaan, iurannya ditetapkan sebesar 5% (lima persen) dari 45% (empat puluh lima persen) gaji pokok Pegawai Negeri Sipil golongan ruang III/a dengan masa kerja 14 (empat belas) tahun per bulan, dibayar oleh Pemerintah.

Kapan akan terjadi perubahan besaran iuran BPJS Kesehatan?

Kapan akan terjadi perubahan besaran iuran BPJS Kesehatan- JD.ID
Source: Shutterstock

Kabarnya perubahan tersebut mulai akan terjadi pada bulan Juli ini dengan dihapuskannya aturan golongan kelas I,II hingga III dalam kepesertaan BPJS Kesehatan.

Adapun setelah wacana ini diimplementasikan pemerintah akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait perubahan yang terjadi. Diharapkan nantinya pada tahun 2024 semua perubahan ini sudah diimplementasikan sepenuhnya, termasuk besaran iuran hingga kelas rawat inap.

Untuk saat ini sendiri, pemerintah masih mengkaji ulang beberapa rumah sakit miliki Kementerian Kesehatan yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia untuk menggunakan sistem Kamar Rawat Inap Standar ini.

Cek iuran BPJS Kesehatan

Cek iuran BPJS Kesehatan- JD.ID
Source: Timesmedia

Bagi kamu para peserta mandiri, mungkin masih ada yang memiliki tunggakan iuran BPJS karena lupa membayar atau tidak terdebit otomatis. Solusinya kamu masih bisa membayar tunggakan dengan mengecek besaran iurannya terlebih dahulu.

Pasalnya jika tunggakanmu menumpuk terus menerus maka, kemungkinan keanggotan BPJS Kesehatan-mu akan dinonaktifkan. Tentunya ini tidak mau terjadi bukan? Oleh karena itu, kamu bisa mengecek besaran iuran atau tunggakan tersebut dengan beberapa cara:

1. Menggunakan layanan Whatsapp Chika

    • Kirim teks ‘Halo’ ke nomor 0811 8750 400.
    • Nantinya sistem akan membalas pesanmu untuk memasukkan opsi menu yang diinginkan. Seperti menu 1 untuk cek status peserta, 2 tagihan iuran, 3 skrining kesehatan, 4 tutorial mobile JKN, 5 panduan layanan, 6 Pandawa dan 7 cari lokasi.
    • Masukan pilihan opsi menu 2 cek tagihan iuran.
    • Nantinya sistem akan meminta kamu memasukkan nomor peserta BPJS Kesehatan atau nomor KTP (NIK)
    • Masukkan juga tanggal lahir peserta
    • Terakhir akan kamu dapatkan data terkait tunggakan iuran BPJS Kesehatan yang perlu dibayarkan. Termasuk opsi metode pembayarannya, baik melalui ATM Bank, Kantor Pos, Pegadaian dll.

2. Memanfaatkan Aplikasi Mobile JKN

    • Buka aplikasi mobile JKN yang sempat kamu download
    • Pilih menu lainnya di bagian menu atas yang utama
    • Pilih info iuran nantinya akan terlihat berapa total tagihan yang harus kamu bayar

3. Cek tagihan BPJS Kesehatan menggunakan aplikasi e-commerce JD.ID

    • Download aplikasi JD.ID jika kamu belum sempat mengunduhnya di Playstore atau App store.
    • Buka aplikasi JD.ID, kemudian pilih menu ‘Bills & Top Up’
    • Pilih BPJS Kesehatan
    • Masukkan nomor kepesertaan BPJS Kesehatan / No VA Keluarga
    • Masukkan periode pembayaran lalu klik ‘cek tagihan’

Baca Juga: Cara Mudah Bayar Iuran BPJS Kesehatan Tepat Waktu

Nantinya akan terlihat berapa besaran tagihan BPJS Kesehatan yang kamu  miliki. Mudah bukan? Di JD.ID juga kamu bisa membayar secara langsung iuran ini dengan mudah, menggunakan berbagai metode pembayaran yang aman.

Dengan begitu, kamu bisa lebih tenang terkait jaminan kesehatan-mu dengan rutin membayarnya tepat waktu atau membayarkan semua tunggakannya.

Di samping itu, dengan menggunakan JD.ID kamu tidak hanya bisa membayar BPJS Kesehatan saja lho, berbagai aktivitas pembayaran tagihan lainnya bisa dilakukan dengan gampang, seperti beli token listrik, bayar listrik, bayar PDAM, Kartu Kredit, TV kabel, PBB, IPL, Indihome hingga pembayaran pasca bayar.

Pastikan kamu menggunakan JD.ID dan dapatkan berbagai penawaran voucher yang menguntungkan sehingga tagihan kamu jadi lebih hemat. Pakai JD.ID #DijaminMudah.