Hewan Kurban: Ini Harga Kambing, Domba, dan Sapi Terbaru Jelang Idul Adha

0
378
Hewan Kurban: Ini Harga Kambing, Domba, dan Sapi Terbaru Jelang Idul Adha- jd.id
Souce: Aktual.com

Tidak terasa sebentar lagi kaum muslim akan menyambut hari raya Idul Adha 1443 Hijriyah. Hari raya ini identik dengan pemotongan hewan kurban. Yang mana kemungkinan akan jatuh pada tanggal 9 Juli 2022.

Umumnya menjelang Idul Adha ini, sudah mulai banyak kaum muslimin yang berburu hewan kurban, baik itu kambing, domba ataupun sapi.

Nah, apakah kamu salah satunya yang mulai mencari info terkait harga hewan kurban 2022 ini? Bila benar, kamu bisa menemukan informasinya di bawah ini, yuk disimak!

Daftar harga hewan kurban terbaru kambing, domba dan sapi

Daftar harga hewan kurban terbaru kambing, domba dan sapi- jd.id
Source: Cianjur Jabar Ekspress

Ibadah kurban sangat dianjurkan kepada setiap muslim, terutama bagi mereka yang mampu. Sebagaimana bahwa anjuran ini telah lama Allah SWT perintahkan ketika masa kenabian Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS. Adapun hukum menjalankan ibadah ini menurut syariat islam yaitu sunnah muakkad, yakni perbuatan yang sangat dianjurkan untuk dilakukan.

Seperti yang dicontohkan oleh Rasululloh SAW, bahwa beliau tidak pernah meninggalkan ibadah kurban selama hidupnya hingga beliau wafat. Berbicara tentang kurban, di Indonesia umumnya binatang kurban mencakup tiga jenis yakni kambing, domba dan sapi.

Saat ini kamu bisa berkurban dengan mudah melalui masjid di sekitar rumah atau melalui lembaga resmi penyalur kurban seperti BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) dan layanan kurban online seperti Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, Global Qurban dan sebagainya.

Bagi kamu yang berniat untuk berkurban, setidaknya dalam waktu kurang lebih 1 bulanan ini kamu bisa menabung untuk membeli kurban yang diinginkan. Adapun untuk domba dan kambing hanya bisa untuk 1 orang saja, sementara untuk sapi bisa digunakan berkurban oleh 7 orang.

Baca Juga: Tips Menabung untuk Kurban Idul Adha, Begini Perhitungannya!

Lalu, kira-kira berapa harga hewan kurban terbaru saat ini? Melansir dari berbagai sumber yang memfasilitasi ibadah kurban seperti Baznas dan Dompet Dhuafa berikut daftar harganya baik itu kambing, domba dan sapi.

1. Daftar harga hewan kurban kambing terbaru 2022

Baznas

  • Kambing/ domba dengan bobot 23-26 kg di Baznas seharga Rp 2.200.000 per ekor.
  • Kambing/domba dengan bobot 27-29 kg (premium) di Baznas seharga Rp.2.500.000 per ekor.

Dompet Dhuafa

  • Hewan kurban kambing/domba dengan bobot sekitar 23-25 kg di Dompet Dhuafa seharga Rp. 1.945.000 per ekor.
  • Kambing/domba dengan berat 26-28 kg di Dompet Duafa seharga Rp.2.225.000 per ekor.
  • Kambing/domba premium dengan bobot 29 kg di Dompet Duafa seharga Rp. 2.595.000 per ekor.

 2. Daftar harga binatang kurban sapi terbaru 2022

Baznas

  • Sapi kurban untuk 1/7 sapi dengan bobot 200-275 kg seharga Rp.2.500.000.
  • Kurban 1 sapi dengan berat 200-275 kg seharga Rp.17.500.000.
  • Kurban 1 sapi kemasan dengan bobot 200-300 kg (250 kaleng) seharga Rp18.500.000.

Dompet Dhuafa

  • Sapi kurban untuk 1/7 sapi dengan bobot 250-300 kg seharga Rp.1.950.000.
  • Sapi kurban dengan bobot 250-300 kg seharga Rp. 13.645.000.

Itulah beberapa daftar harga binatang kurban untuk kambing, domba atau sapi di tahun ini, dengan mengetahui harganya tersebut kamu memiliki gambaran terkait dana yang harus di keluarkan sekiranya ingin menjalankan ibadah ini di hari raya Idul Adha atau di hari Tasyrik.

Adapun jika kamu tidak ingin repot-repot menyiapkan segala sesuatunya untuk berkurban, kamu tetap bisa menjalani ibadah ini dengan mendaftarkan diri mengikuti kurban online di aplikasi JD.ID.

JD.ID Bekerja sama dengan lembaga penyedia kurban dan zakat seperti Dompet Duafa, Baznas, Rumah Zakat, Aksi Cepat Tanggap dan sebagainya akan menyalurkan hewan kurbanmu kepada saudara kita yang membutuhkan. Adapun caranya cukup mudah kamu bisa mengikuti tutorial berikut ini:

  • Buka aplikasi JD.ID di handphone, kemudian pada bagian menu utama di bawah pilih kategori.
  • Scroll menu yang ada di sidebar samping, lalu pilih ‘Produk Digital’.
  • Kemudian scroll lagi menu ke bagian bawah lalu pilih ‘Donasi’ pada menu utama JDEALS.
  • Pilih salah satu penyedia ibadah kurban online yang kamu inginkan.
  • Lalu lakukan pembayaran sesuai dengan besaran kisaran harga kurban yang diinginkan.

Dengan begitu, niat baikmu untuk berkurban insyaallah akan menjadi amal jariyah di surga nanti. Di samping itu, dengan berkurban juga akan lebih mendekatkan diri dengan Allah SWT.

Jadi bila kamu berniat berkurban yang praktis, jangan ragu lagi untuk melakukannya di JD.ID, insyaallah amanah. Yuk kurban sekarang hanya di JD.ID. Kurban dijamin mudah.