Jadwal Libur Lebaran 2022 Resmi Diumumkan, Ini Tanggalnya!

0
8293
Jadwal Libur Lebaran 2022 Resmi Diumumkan, Ini Tanggalnya!
Foto: economy.okezone.com

Kabar baik hadir untuk masyarakat Indonesia, karena jadwal libur lebaran 2022 sudah resmi dikeluarkan pemerintah. Kemarin, 6 April presiden Joko Widodo mengumumkan jadwal libur Idul Fitri 1443 Hijriyah dan cuti bersama.

Hal itu pun sudah ditetapkan di Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri 2021. Jika kamu penasaran dengan kedua jadwal tersebut, pada artikel kali ini akan dibahas informasinya secara lengkap sebagai berikut. Simak bersama-sama, yuk!

Baca Juga: Transportasi Mudik Lokal Terbaik, Bus, Kereta atau Pesawat?

Jadwal Libur Lebaran 2022

Menyoal libur lebaran 2022, sebagian besar dari kamu pasti sudah sangat menanti informasi resminya. Jadi, seperti yang diketahui kalau pemerintah sudah menginformasikan kepada masyarakat Indonesia, mengenai tanggal yang sudah diputuskan.

Melalui tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Joko Widodo selaku Presiden RI memberitahukan kalau Hari Libur Nasional Lebaran jatuh pada tanggal 2 – 3 Mei 2022. Informasi itu pun disampaikan dengan lugas, untuk menjawab pertanyaan masyarakat mengenai libur lebaran tahun ini.

Jadwal Resmi Cuti Bersama

Jika jadwal libur lebaran 2022 sudah dipastikan tanggalnya, lantas bagaimana dengan jadwal cuti bersama? Nah, melansir dari kompas.com, tanggal yang ditetapkan pemerintah mengenai cuti bersama Idul Fitri, yaitu 29 April, 4, 5, dan 6 Mei 2022.

Empat hari itu diberikan pemerintah untuk dipakai masyarakat bersilaturahmi dengan orang tua, keluarga, dan handai taulan di kampung halaman. Sehingga, bisa disimpulkan kalau total hari libur yang didapatkan masyarakat, yakni tujuh hari.

Keputusan penetapan cuti bersama ini pun, dikeluarkan untuk melengkapi instruksi Presiden Jokowi tentang mudik lebaran 2022. Hanya saja, keputusan mengenai cuti bersama ini masih akan diatur lebih rinci melalui keputusan bersama menteri-menteri terkait.

Mengingat, ini akan menjadi mudik pertama yang diizinkan pemerintah, setelah dua tahun sebelumnya sempat dilarang karena pandemi Covid-19 yang merajalela. Dengan begitu, pemerintah juga berharap untuk masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan ketat.

Tepatnya, yaitu menggunakan masker di tempat umum maupun di dalam kerumunan, dan selalu mencuci tangan. Selain itu, pemerintah juga meminta masyarakat untuk melengkapi vaksinasi booster, agar kegiatan mudik berlangsung lancar dan aman.

Syarat Mudik 2022

Meski tanggal cuti bersama dan libur lebaran 2022 sudah diketahui jelas di pembahasan sebelumnya, namun belum lengkap rasanya jika kamu belum mengetahui sejumlah persyaratannya. Adapun beberapa syarat yang harus diketahui dan dipenuhi, yaitu:

  • Setiap orang yang melaksanakan perjalanan dengan kendaraan pribadi maupun umum, bertanggung jawab atas kesehatannya masing-masing, serta tunduk dan patuh pada syarat dan ketentuan yang berlaku.
  • Setiap PPDN wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat melakukan perjalanan dalam negeri.
  • PPDN dengan moda transportasi udara, laut, dan darat menggunakan kendaraan pribadi atau umum, penyeberangan, dan kereta api antarkota dari dan ke daerah di seluruh Indonesia berlaku beberapa ketentuan sebagai berikut:
    • PPDN yang telah mendapatkan vaksinasi dosis ketiga (booster) tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test
    • PPDN yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua wajib menunjukkan hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1 x 24 jam, atau hasil hasil negatif tes RT/PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan.
    • PPDN yang telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR, yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan.
    • PPDN dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid, yang menyebabkan pelaku perjalanan tidak dapat menerima vaksinasi, wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3 x 24 jam sebelum keberangkatan, sebagai persyaratan perjalanan dan persyaratan wajib melampirkan surat keterangan dokter dari Rumah Sakit Pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19; atau
    • PPDN dengan usia di bawah 6 tahun dikecualikan terhadap ketentuan vaksinasi dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes RT0PCR atau rapid test Namun, wajib melakukan perjalanan dengan pendamping perjalanan yang telah memenuhi ketentuan vaksinasi dan pemeriksaan COVID-19 serta menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Nah, itulah beberapa syarat mudik libur lebaran 2022 yang harus kamu ketahui, pahami, dan juga terapkan sebagai pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN). Semua persyaratan tersebut, terangkum dalam SE Nomor 16 Tahun 2022.

Baca Juga: Tips Belajar Mobil untuk Persiapan Mudik, Mudah dan Cepat!

Perkiraan Jumlah Pemudik

Mengenai perkiraan jumlah pemudik libur lebaran 2022, karena disambut dengan sangat antusias oleh masyarakat, maka pemerintah memperkirakan jumlahnya mencapai 85 juta orang. Namun, dari jumlah tersebut sekitar 14 juta orang berasal dari Jabodetabek.

Kemudian, sekitar 47 persennya juga akan melakukan perjalanan mudik menggunakan kendaraan pribadi. Dengan begitu, pemerintah berjanji akan bekerja keras untuk memberikan pelayanan maksimal, agar para pemudik bisa melakukan perjalanan dengan aman dan nyaman.

Akan tetapi, jika kamu ingin lebih nyaman lagi saat mudik, atau bahkan liburan dengan menginap di hotel maupun villa bersama keluarga, maka kamu bisa membeli tiket staycation secara online. Salah satunya melalui e-commerce seperti JD.ID, agar lebih praktis dan mudah.

Pasalnya, di sini kamu bisa menemukan banyak promo staycation menarik, yang bikin kamu dan dompet bahagia. Seperti contohnya promo JD Hotel yang memberikanmu diskon 15% untuk periode 2 – 30 April 2022.

Dengan promo tersebut, kamu sudah bisa membeli tiket hotel dengan sangat mudah. Terlebih, cara memesannya juga gampang, karena kamu tinggal memilih voucher penginapan mana yang ingin digunakan.

Setelah itu, kamu bisa langsung membayarnya menggunakan metode yang diinginkan, karena di sini kamu bisa melakukan pembayaran secara fleksibel. Bagaimana, sangat seru bukan?

Kalau begitu, tunggu apalagi? Yuk, nikmati libur lebaran bersama keluarga, dengan membeli tiketnya di JD.ID sekarang juga!