Kereta Eksekutif: Jadwal dan Harga Tiket Mudik Lebaran 2022!

0
685
kereta eksekutif
Foto: Antara.com

Kereta api hingga kini masih menjadi moda transportasi favorit banyak orang untuk mudik Lebaran. Tak heran kalau tiket kereta eksekutif maupun ekonomi selalu ludes menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Selain bebas macet, ketepatan waktu keberangkatan dan kedatangan menjadi faktor utama yang membuat banyak orang lebih memilih kereta api untuk bepergian, terutama saat melakukan perjalanan jarak jauh.

Tak hanya itu, kini kereta api juga sudah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas sehingga memberikan kenyamanan bagi para penumpang, salah satu kelas yang sangat digemari adalah kereta eksekutif.

Baca Juga: Syarat Naik Kereta Api, Pesawat, dan Bus untuk Mudik Lebaran 2022!

Apa Itu Kereta Eksekutif?

apa itu kereta eksekutif
Foto: Kondekturkai.com

Sesuai dengan namanya, kereta eksekutif merupakan kelas kereta api yang menawarkan banyak fasilitas bagi para penumpang. Menjadi jenis kereta tertinggi, harga tiketnya dibanderol lebih mahal ketimbang kelas lainnya.

Meski begitu, kamu bisa mendapatkan fasilitas AC, televisi, bantal, selimut, rak bagasi, meja makan, stop kontak, reclining seat, dan masih banyak lagi.

Bukan cuma itu, penumpang juga dapat menyandarkan kursi ke belakang dengan jarak antara kursi yang relatif jauh. Dengan begitu, perjalanan akan terasa lebih nyaman dan anti pegal.

Kereta eksekutif juga menawarkan durasi perjalanan yang lebih cepat dibanding kereta ekonomi dan bisnis karena jenis kereta api ini tidak berhenti di setiap stasiun.

Harga Tiket Kereta Eksekutif Mudik Lebaran 2022

Harga Tiket Kereta Eksekutif Mudik Lebaran 2022
Foto: Antara.com

Seperti dikutip dari laman resmi PT Kereta Api Indonesia, harga tiket kereta api untuk mudik Lebaran 2022 tidak mengalami kenaikan dan telah menyiapkan 4,7 juta tempat duduk kepada masyarakat Indonesia yang ingin pulang ke kampung halaman.

Pihak KAI juga telah menyiapkan kereta tambahan setiap harinya guna memenuhi seluruh permintaan masyarakat. Pengin tahu update harga kereta eksekutif ke beberapa kota besar di Indonesia? Yuk, simak di bawah ini.

Jadwal Kereta Eksekutif dan Ekonomi Tambahan

Jadwal Kereta Eksekutif dan Ekonomi Tambahan
Foto: Sindonews.com

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari akun Instagram resmi PT KAI di @kai121, berikut jadwal perjalanan kereta api tambahan untuk mudik Lebaran 2022.

  1. KA Tawang Jaya

Jadwal keberangkatan: 25 April-9 Mei 2022

Rute: Semarang Poncol-Pasar Senen PP

Waktu perjalanan: dari Semarang Poncol 10.15 WIB, dari Pasar Senen 21.40 WIB

2. KA Jaka Tingkir

Jadwal keberangkatan: 24 April-9 Mei 2022

Rute: Purwosari-Pasar Senen PP

Waktu perjalanan: dari Purwosari 00.45 WIB, dari Pasar Senen 12.50 WIB

3. Kereta Eksekutif SLO-GMR

Jadwal keberangkatan: 25 April-9 Mei 2022

Rute: Solo Balapan-Gambir

Waktu perjalanan: 11.15 WIB

4. KA GMR-SLO

Jadwal keberangkatan: 25 April-9 Mei 2022

Rute: Gambir-Solo Balapan

Waktu perjalanan: 00.45 WIB

Baca Juga: Cara Pesan Tiket Kereta Api Mudik secara Online dan Offline

Harga Tiket Kereta Eksekutif dan Ekonomi

Harga Tiket Kereta Eksekutif dan Ekonomi
Foto: Suaramerdeka.com

Merujuk dari aplikasi KAI Access, berikut adalah harga tiket perjalanan menggunakan kereta eksekutif dan ekonomi.

  1. KA GMR-SLO dan KA SLO-GMR: Rp 220 ribu-Rp 290 ribu untuk kelas ekonomi. Sedangkan eksekutif dibanderol dengan harga Rp 340 ribu-Rp 510 ribu.
  2. KA Tawang Jaya: Rp 110 ribu-Rp 250 ribu (ekonomi), untuk kelas eksekutif harga yang dijual per tiket sebesar Rp 250 ribu-Rp 390 ribu.
  3. KA Jaka Tingkir: Rp 250 ribu-Rp 300 ribu untuk kereta ekonomi.

Tiket perjalanan menggunakan kereta api, baik kereta eksekutif maupun ekonomi dapat kamu pesan secara online melalui website maupun aplikasi JD.ID.

jdid promo kereta api

Selain prosesnya yang cepat dan mudah, kamu juga bisa membeli tiket kereta dengan harga terjangkau dengan menggunakan promo JDBerkah. Dengan melakukan pembelian tiket kereta api selama periode 18 hingga 30 April 2022, kamu akan mendapatkan diskon 10%.

Sebelum kehabisan, yuk beli tiket kereta api yang kamu inginkan sekarang hanya di JD.ID. Happy mudik!