Ketahui Jenis Zakat yang Wajib Ditunaikan Oleh Umat Muslim

0
351
jenis zakat umat muslim
Source: Unsplash

Menjelang hari raya Idul Fitri atau lebaran, umat muslim wajib menunaikan beberapa jenis zakat sebagai kewajiban sesuai ajaran agama.

Zakat merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilakukan oleh semua umat muslim, dengan kegiatan tersebut kamu bisa membantu saudara-saudara yang lebih membutuhkan.

Ada beberapa zakat yang wajib kamu tunaikan, salah satunya adalah zakat fitrah. Zakat ini dibayarkan dengan menggunakan bahan pokok makanan.

Baca Juga: Cara Menghitung THR dengan Mudah Sesuai Aturan Pemerintah

Selain zakat fitrah, ada beberapa macam zakat lainnya yang perlu kamu ketahui agar bisa menunaikan kewajiban dengan lebih baik lagi.

5 Macam Jenis Zakat

Source: Amartha

Selain zakat fitrah, terdapat empat macam zakat lainnya yang bisa kamu tunaikan untuk menambah pahala serta menjalankan kewajiban sebagai umat beragama. Agar lebih jelasnya simak pembahasan berikut ini:

Jenis Zakat yang Wajib Ditunaikan

1. Zakat Fitrah

Seperti yang sudah disebutkan diatas, zakat fitrah merupakan salah satu zakat yang wajib dilaksanakan oleh semua umat muslim ketika menjelang lebaran. Zakat fitrah merupakan salah satu jenis zakat yang dibayarkan dengan menggunakan 3,5 Liter makanan pokok dari suatu daerah.

Di Indonesia untuk menunaikan zakat fitrah biasanya menggunakan bahan makanan pokok seperti beras. Selain beras bahan makanan lainnya yang bisa digunakan antara lain seperti gandum, biji-bijian, jagung, ataupun sagu.

2. Zakat Harta

Zakat harta memiliki beberapa macam jenis zakat di dalamnya dan juga memiliki beberapa ketentuan untuk menjalankan zakat ini. Yang termasuk ke dalam zakat harta antara lain adalah hasil pertambangan, hasil pertanian, hasil laut, hasil ternak dan perak.

Macam-Macam Jenis Zakat Harta

1. Zakat Emas dan Perak

Source: Yayasandulusalembur

Ketentuan untuk melakukan kewajiban zakat emas dan perak adalah dengan membayarnya dengan nisab yang telah dimiliki selama setahun.

Perhitungan nisab biasanya sebesar 2,5% dari nilai emas tersebut, misalnya kamu memiliki emas sebesar 100gr, dan harga emas saat itu sebesar Rp.100.000 maka perhitungannya 100gr x Rp. 100.000 x 2,5%. Maka dari hasil perhitungan tersebut jumlah yang harus dibayarkan adalah sebesar Rp.250.000

Baca Juga: Ide Hampers Lebaran Unik, Cocok Untuk Bersilaturahmi

2. Zakat Hewan Ternak

jenis zakat hewan ternak
Source: Baznasbanyuasin

Dalam menjalankan jenis zakat hewan ternak, kamu harus mengikuti beberapa ketentuan untuk membayarkan zakat ini. Hewan yang terkena wajib zakat adalah hewan ternak yang bisa memberikan manfaat bagi manusia.

3. Zakat Hasil Dagang

Source: Ajaib

Zakat tijarah atau yang lebih dikenal dengan zakat hasil dagang berkaitan dengan komoditas perdangan. Ketentuan yang harus kamu perhatikan untuk jenis zakat yang satu ini adalah perhitungannya diambil dari modal dan dihitung dari total penjualan barang sebesar 2,5 persen.

Bagi kamu yang ingin menjalankan zakat ini, ada dua alternatif yang bisa kamu lakukan untuk melakukan pembayaran yaitu dengan menggunakan uang atau dengan barang dagangan.

Itu dia beberapa jenis zakat yang bisa kamu tunaikan untuk memenuhi kewajiban kamu dalam beragama dan sekaligus untuk membantu saudara yang membutuhkan. Bagi kamu yang bingung dan mencari wadah terpercaya untuk melakukan zakat atau donasi, kamu bisa melakukannya di JD.ID.

Selain membeli kebutuhan rumah, kamu juga bisa membantu saudara yang membutuhkan dengan zakat atau donasi. Kamu tidak perlu khawatir karena semua dana yang disalurkan akan diberikan secara langsung kepada yayasan yang dituju melalui akun official store. Jadi tunggu apa lagi? Tingkatkan pahala dengan beramal dan ber zakat di JD.ID Sekarang!