Rincian Biaya PP Pengalaman Liburan di Bandung di bawah Rp 1 juta

0
1350
Rincian Biaya PP Pengalaman liburan di Bandung di bawah Rp 1 juta- JD.ID
Source: Dokumen pribadi- Gracia Niken

Di tengah padatnya aktivitas, untukmu yang membutuhkan healing sekedar menyegarkan otak salah satu bisa liburan ke Bandung. Tidak perlu mengeluarkan budget yang besar, pengalaman liburan saya bersama keluarga beberapa waktu lalu di Kota Kembang, hanya mengeluarkan biaya di bawah Rp 1 juta.

Pengeluaran ini cukup hemat, bila dibandingkan liburan sendirian ke Bandung dengan transportasi yang kerap tidak menentu. Yap, berangkat dari Jakarta, saya dan empat saudara vacation ke Bandung menggunakan mobil keluarga dengan biaya terjangkau.

Baca juga: 5 Mobil Keluarga Murah di Bawah Rp100 Juta, Yuk Cari Tahu!

Bagi kamu yang ingin tahu apa rahasia hemat dari perjalanan yang kami lakukan, kamu bisa mencatat estimasi biaya liburan ke Bandung yang kami berikan, mulai dari biaya bensin, tol, penginapan dan kuliner yang wajib dicoba!

Pengeluaran pengalaman liburan ke Bandung

Pengeluaran pengalaman liburan ke Bandung- JD.ID
Source: Dokumen pribadi Nur Lella

Memang ada banyak jalan menuju Bandung, kamu bisa menggunakan travel, kereta atau kendaraan pribadi. Namun agar lebih nyaman, kami sarankan menggunakan kendaraan pribadi contohnya mobil.

Soalnya dengan membawa mobil pribadi, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk menyewa kendaraan atau menggunakan transportasi ojek online. Terlebih dengan memakai mobil kamu juga bisa bebas mengelilingi kota Kembang.

Berikut ini saya bocorkan rincian biaya transportasi yang dikeluarkan selama liburan di Bandung bersama keluarga dengan menggunakan mobil pribadi.

Biaya bensin

Struk Bensin - JD.ID
Source: Dokumen pribadi Nur Lella

Menempuh jarak kurang lebih 150 Km, tentunya saya dan empat saudara lainnya harus memilih kendaraan yang nyaman untuk pergi ke luar kota. Kebetulan kami memiliki mobil yang layak untuk berpergian jauh dengan kapasitas cukup lega, yakni Toyota Avanza Veloz keluaran tahun 2021.

Mobil ini masih menggunakan mesin manual dengan lima kecepatan dan berkapasitas tujuh orang. Agar vacation kami lancar, kami pun tidak lupa untuk mengisi full tank Avanza Veloz yang memiliki daya tampung BBM sampai 45 liter.

Untungnya, masih ada sisa bensin di mobil kami sebelumnya, sehingga untuk mengisi full tank (8 bar) cukup dengan mengisi setengah tank lagi agar penuh. Saat itu kami membeli bensin sekitar 18 liter Pertamax dengan biaya Rp 226.480.

Karena ingin menambah list kuliner Nusantara kami, sebelum sampai ke kota Kembang kami sempatkan mampir sebentar di Sate Maranggi Hj. Yetti Purwakarta untuk mengecap beberapa kuliner favorit di sana seperti sate kambing muda, sate sapi hingga sop iga.

Perjalanan pun kemudian berlanjut ke kafe di kawasan Dago Pakar dan berakhir di penginapan area Lembang, tepatnya di Villa Cassa de Gaudi.

Bar Bensin Avanza - JD.ID
Source: Dokumen pribadi Nur Lella

Dengan perjalanan panjang yang dilakukan hingga sampai di Villa Bandung, jika diperhatikan dari indikator mesin mobil Avanza Veloz ini cukup irit BBM karena hanya menghabiskan 3 bar atau sekitar 16,87 liter saja.

Sementara untuk perjalanan pulangnya dari Bandung ke Jakarta, bensin yang tersisa di mobil kami sekitar setengahnya (4 bar), yang artinya perjalanan Bandung Jakarta PP hanya 22.5 liter saja, hemat bukan?

Pengalaman liburan di Bandung biaya tol

Pengalaman liburan di Bandung biaya tol- JD.ID
Source: Dokumen pribadi- Gracia Niken

Selain biaya bensin yang harus dipersiapkan, kamu juga harus mengeluarkan biaya tol. Yang mana saat ini pembayaran tol hanya bisa dilakukan secara cashless melalui kartu e-Toll, Flazz, e-Money dan lain-lain.

Berdasarkan pengalaman yang saya alami, untuk biaya tol Bandung Jakarta PP disertai transit di Purwarkarta sebelumnya, total biaya yang harus dikeluarkan adalah Rp 140.500. Dengan rincian sebagai berikut:

  • Masuk tol dalam kota Jakarta – keluar tol Cikopo biaya Rp 36.000
  • Masuk tol Sadang – keluar tol Pasteur biaya Rp 38.500
  • Masuk tol Pasteur – keluar tol Tebet biaya Rp 66.000

Selama di perjalanan, saya tidak pernah merasa bosan karena bisa merasakan sensasi jalan tol layang MBZ (Sheikh Mohamed Bin Zayed) yang memiliki panjang sekitar 36,84 km.

Tak hanya itu, matamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan hijau pepohonan di sepanjang tol Cipularang. Jadi, pastinya sangat mengasyikkan!

Pengeluaran staycation di villa Lembang

Pengeluaran staycation di villa Lembang- JD.ID
Source: Dokumen pribadi- Gracia Niken

Adapun untuk penginapan yang saya tempati di Casa de Gaudi Lembang, harus menyiapkan dana sekitar Rp 1.224.000. Tapi dengan range itu, kami bisa mendapatkan fasilitas yang cukup lengkap seperti: 3 kamar tidur, 2 sofabed, smart tv, sepeda, wifi hingga dapur dengan kapasitas tampung 8-10 orang.

Jadi, biaya tersebut dapat dibagi rata dengan empat saudara saya lain dan hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 244.800 saja.

Baca Juga: Tempat Wisata Bandung dengan Budget Rendah, Ini Rinciannya!

Sedangkan untuk pengeluaran konsumsi makan lainnya kamu bisa dengan mudah membeli paket makan di ojek online menggunakan promo yang tersedia atau pergi mengunjungi pusat kuliner yang ada di dekat villa.

Dengan rincian biaya pengalaman liburan di atas, sudah terbayangkan berapa biaya yang perlu kamu keluarkan? Nah, agar perjalananmu semakin sempurna, jangan lupa untuk mempersiapkan berbagai kebutuhan yang diperlukan, termasuk bensin mobil di awal trip hingga e-Money untuk membayar toll.

Agar lebih praktis dalam berbelanja, kamu bisa membeli voucher BBM yang tersedia di JD.ID tanpa perlu menggunakan uang tunai atau kamu juga bisa melakukan top up e-money dengan mudah di JD.ID.

Yuk penuhi kebutuhanmu di JD.ID karena ada banyak keuntungan yang bisa kamu peroleh. Mulai dari diskon, harga voucher yang lebih murah hingga Gratis Ongkir. Belanja kebutuhan sehari-hari di JD.ID saja produk #DijaminORI.