Syarat Naik Pesawat, Kereta Api, dan Bus untuk Mudik Lebaran 2022!

0
381
syarat naik pesawat
Foto: Antara.com

Lebaran 2022 terbilang cukup berbeda dibanding dua tahun lalu. Pasalnya, masyarakat sudah diperbolehkan untuk mudik, namun tetap ada syarat naik pesawat, kereta api, dan bus yang harus kamu patuhi.

Hal tersebut tentu saja disambut dengan penuh kebahagiaan oleh seluruh masyarakat, terutama yang sudah rindu dengan kampung halaman. Bahkan, pada peraturan terbaru, masyarakat tidak diharuskan untuk tes antigen maupun PCR untuk melakukan perjalanan.

Baca Juga: Update Syarat Mudik 2022 yang Wajib Kamu Tahu dan Taati

Aturan Mudik Lebaran 2022

Aturan Mudik Lebaran 2022
Foto: Kemenparekraf

Agar mudik dapat berjalan baik, pemerintah telah menetapkan sejumlah aturan mudik Lebaran yang sudah berlaku sejak 2 April 2022 lalu.

Aturan dan syarat mudik tersebut telah diatur dalam Surat Edaran Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Nomor 16 Tahun 2022 Tentang Ketentuan Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) Pada Masa Pandemi Virus Corona Disease (Covid-19).

Berikut sejumlah aturan mudik Lebaran 2022 yang harus dipatuhi oleh seluruh masyarakat:

  1. Pemudik yang sudah mendapatkan vaksinasi booster atau vaksin dosis ketiga tidak diwajibkan untuk menunjukkan hasil tes RT-PCR maupun rapid tes antigen.
  2. Pemudik yang baru mendapatkan vaksinasi dosisi kedua, tetap diwajibkan menunjukkan hasil negatif rapid tes antigen yang sampelnya diambil dalam 1×24 jam, atau hasil negatif tes RT-PCR dengan sampel 3×24 jam sebelum waktu keberangkatan.
  3. Pemudik dengan kondisi kesehatan tertentu dan tidak tidak menerima vaksinasi, wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam waktu maksimal 3×24 jam sebelum perjalanan.
  4. Pemudik dengan usia di bawah usia enam tahun, tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid tes antigen. Namun, mereka wajib didampingi oleh seseorang yang telah memenuhi ketentuan vaksinasi dan pemeriksaan Covid-19. Selain itu, mereka juga tetap diharuskan untuk menerapkan protokol kesehatan ketat.

Syarat Naik Pesawat, Kereta Api, dan Bus Mudik Lebaran 2022

Syarat Naik Pesawat, Kereta Api, dan Bus Mudik Lebaran 2022
Foto: Antara.com

Setelah dua tahun tidak Lebaran bersama keluarga di kampung halaman tentu membuat masyarakat begitu antusias dalam melakukan perjalanan mudik di tahun ini.

Melalui pantauan tim JD.ID, tiket pesawat, kereta api, maupun bus ke beberapa kota di Indonesia sudah habis terjual menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Oleh karena itu, agar tidak ada kendala saat melakukan perjalanan mudik, pentingnya kamu mengetahui syarat mudik menggunakan transportasi umum, baik pesawat, kereta api, dan bus. Apa saja? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini:

1. Syarat Naik Pesawat Mudik Lebaran 2022

Syarat Naik Pesawat Mudik Lebaran 2022
Foto: Antara.com

Syarat naik pesawat untuk mudik Lebaran 2022, selain harus memenuhi seluruh aturan di atas, pemudik juga diwajibkan untuk mengisi e-HAC yang memang menjadi salah satu syarat yang harus dilakukan oleh pemudik yang akan menggunakan transportasi udara.

Melalui Digital Transformation Office (DTO), Kementerian Kesehatan RI menyebutkan bahwa mulai tanggal 5 April 2022 harus melakukan pengisian e-HAC di aplikasi PeduliLindungi.

Baca Juga: Transportasi Mudik Lokal Terbaik, Bus, Kereta atau Pesawat?

2. Syarat Mudik dengan Kereta Api

Syarat Mudik dengan Kereta Api
Foto: Sindonews.com

Tak jauh berbeda dengan mudik menggunakan pesawat, buat pemudik yang memilih jalur darat menggunakan kereta api, juga diwajibkan telah mendapatkan dosis vaksin booster.

Selain itu, mengacu dengan aturan mudik Lebaran 2022 yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Surat Edaran Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Nomor 39 Tahun 2022 dan berlaku tanggal 5 April 2022.

Sementara dari pihak Kereta Api Indonesia (KAI), juga telah menerapkan syarat naik kereta untuk mudik Lebaran 2022, seperti:

  • Wajib menunjukkan kartu vaksin.
  • Tidak wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif rapid tes antigen atau RT-PCR, jika sudah melakukan vaksin booster.
  • Penumpang di bawah enam tahun, tidak wajib menunjukkan bukti vaksin tapi harus ditemani oleh pendamping yang sudah memenuhi syarat naik kereta api lokal dan aglomerasi.

3. Syarat Mudik Lebaran 2022 Naik Bus

Syarat Mudik Lebaran 2022 Naik Bus
Foto: Bisnis.com

Untuk kamu yang memilih mudik menggunakan bus, diwajibkan untuk mematuhi seluruh peraturan dan syarat yang berlaku. Yaitu:

  • Wajib menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan. Selain itu, kamu juga diharuskan untuk mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer.
  • Diharuskan untuk mengenakan masker kain tiga lapis atau masker medis yang menutup hidung, mulut, dan dagu.
  • Diwajibkan juga mengganti masker setiap empat jam sekali.
  • Kamu juga tidak diperbolehkan untuk berbicara satu arah atau dua arah, baik melalui telepon maupun secara langsung sepanjang perjalanan.
  • Pemudik tidak diperkenankan untuk makan dan minum selama perjalanan yang kurang dari dua jam, kecuali untuk mereka yang wajib mengonsumsi obat.
  • Setiap pemudik harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi.
  • Tidak perlu menunjukkan hasil negatif tes antigen atau RT-PCR untuk yang sudah mendapatkan vaksin booster.

Buat kamu yang akan melakukan mudik Lebaran 2022, diwajibkan untuk menaati seluruh syarat mudik yang sudah dijelaskan di atas. Selain itu, selalu jaga kesehatan dengan menggunakan masker, mencuci tangan, dan jaga jarak selama perjalanan.

Nah, itu dia syarat naik pesawat, kereta api, dan bus yang harus kamu patuhi selama melakukan perjalanan mudik. Jika kamu sedang mencari tiket pesawat ataupun kereta dengan harga terjangkau, kamu bisa mendapatkannya secara online di JD.ID.

jdid promo tiket pesawat

Tak hanya mudah melakukan pemesanan, kamu juga bisa mendapatkan tiket mudik dengan harga terbaik melalui sejumlah promo yang tersedia, salah satunya adalah promo Ketupat Digital yang memberikan diskon hingga 50%.

Sebelum kehabisan, yuk beli tiket mudik yang kamu inginkan dengan belanja di website maupun aplikasi JD.ID sekarang.