Transportasi Mudik Lokal Terbaik, Bus, Kereta atau Pesawat?

0
415
mudik lokal
Source: CNN

Menyambut hari lebaran, kegiatan mudik lokal biasanya sering dilakukan untuk melakukan silaturahmi dengan keluarga atau kerabat di kampung.

Kegiatan pulang kampung ini dilakukan untuk melepas rasa kangen dan juga untuk merayakan hari raya bersama keluarga agar lebih ramai.

Biasanya kegiatan mudik ini dilakukan oleh para masyarakat yang merupakan perantau yang berasal dari daerah lain di Indonesia. Kegiatan pulang kampong ini juga sangat erat hubungannya dengan alat transportasi, baik itu mobil, pesawat, ataupun kereta.

Baca Juga: Cara Pesan Tiket Kereta Api Secara Online dan Offline

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum pergi mudik ke kampong halaman, yaitu jenis kendaraan yang digunakan, hingga biaya. Dari semua transportasi umum yang ada baik pesawat, kereta, atau bus, kamu harus mengetahui kekurangan serta kelebihan dari semua transportasi tersebut.

Mudik Lokal, Pilih Bus, Pesawat, atau Kereta?

Transportasi umum seperti bus, pesawat ataupun kereta, tentunya memiliki pertimbangan kelebihan dan kekurangan. Untuk itu kamu bisa simak penjelasan berikut agar bisa memahami kendaraan mana yang paling sesuai dan bisa memudahkan kamu untuk mudik.

Mudik Menggunakan Bus

Source: Republika

Transportasi yang paling mudah untuk digunakan salah satunya adalah bus, dengan kendaraan ini kamu bisa pergi ke beberapa tempat di pulau jawa mulai dari jawa tengah, jawa barat, hingga jawa timur.

Kekurangan menggunakan bus tentunya memakan waktu yang lebih lama, apalagi jika kamu melaksanakan mudik lokal di waktu yang sama dengan perayaan lebaran.

Kelebihannya menggunakan bus yang bisa kamu rasakan adalah harganya cukup terjangkau dan juga kamu bisa menikmati pemandangan selama perjalanan.

Mudik Lokal Menggunakan Kereta

Mudik Lokal dengan Kereta
Source: Protonews

Jika kamu ingin mudik menggunakan transportasi darat yang cepat dan juga nyaman, kereta bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan menggunakan kereta api, kamu bisa lebih cepat untuk melakukan perjalanan dibandingkan dengan menggunakan mobil.

Kekurangan menggunakan transportasi kereta untuk mudik adalah jika menggunakan kelas ekonomi, posisi duduknya terlalu sempit dan berdempetan.

Kelebihan dari penggunaan transportasi kereta adalah memiliki harga yang cukup terjangkau, dan juga waktu perjalanan yang lebih cepat dibandingkan mobil.

Baca Juga: Ketahui Tips Cari Tiket Pesawat Murah

Mudik Menggunakan Pesawat Terbang

Source: KoranJakarta

Bagi kamu yang menginginkan waktu perjalanan yang lebih singkat dan juga menjangkau area yang lebih luas, pesawat terbang adalah pilihan yang tepat. Untuk disekitar pulau jawa biasanya waktu perjalanannya cukup singkat dan tidak terlalu lama.

Kekurangan menggunakan untuk mudik lokal adalah harganya yang cukup mahal, apalagi jika kamu membelinya saat berdekatan dengan hari lebaran.

Kelebihan dari penggunaan pesawat terbang adalah waktu tempuh yang lebih cepat, lebih hemat tenaga, dan juga memiliki akses yang lebih mudah.

Itu dia macam-macam transportasi yang bisa kamu gunakan untuk melakukan mudik lokal untuk merayakan hari raya lebaran. Jika kamu mencari tiket pesawat ataupun kereta dengan harga terjangkau, kamu bisa mendapatkannya secara online di JD.ID.

jdid promo tiket pesawat

Kamu juga bisa pergi mudik dengan lebih hemat melalui beragam promo yang ditawarkan, seperti diskon potongan harga, cashback, hingga cicilan 0%.

Terlebih kini sedang ada promo besar-besaran dari JD.ID, yakni diskon hingga 50% untuk pemesanan tiket pesawat dan hotel. Menarik banget bukan? Jadi, sebelum kehabisan tiket promo, yuk booking sekarang hanya di JD.ID.