Tetap Produktif di Rumah Selama Work From Home

0
1072

Jika kamu merasa membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikan semua pekerjaan kantor selama work from home dan berusaha menyelesaikan berbagai hal dalam satu waktu – seperti mencuri waktu untuk mengirim email saat sedang mengurus anak selama berada di rumah, tenang kamu tidak sendirian.

Menjalani work from home di masa karantina ini, membuat banyak dari kita berjuang untuk memenuhi tuntutan baru sebagai pekerja jarak jauh, pengasuh anak, pendidik anak, hingga menjadi partner yang baik untuk pasanganmu di saat yang bersamaan. Mulai dari memasak, membersihkan rumah, mencuci pakaian kotor, mendampingi anak menyelesaikan tugas sekolah, menemani anak bermain di rumah, menyelesaikan pekerjaan kantor, meeting online, dan sederet hal lain yang harus diselesaikan sekaligus secara bersamaan.

Ada kalanya kita merasa kesulitan dan kewalahan untuk memainkan semua peran dan memenuhi kebutuhan semua anggota keluarga yang menuntut perhatian. Ini merupakn hal yang wajar bagi kita sebagai orang tua di rumah. Multitasking sering mendapat cap yang buruk, karena dianggap tidak fokus mengerjakan satu hal. Tetapi di saat seperti ini, multitasking tentu sangat diperlukan. Berikut lima tips yang bisa dilakukan saat harus menyelesaikan banyak tugas kantor selama work from home

1. Prioritaskan Daftar Tugas Yang Harus di Kerjakan

Dengan adanya daftar tugas, Itu berarti mencari tahu apa yang bisa diselesaikan pada akhir hari, apa yang harus segera diselesaikan, dan kapan waktu terbaik untuk melakukan hal lainnya.

2. Beraktivitas Dengan Bijak

Saat terlibat dalam panggilan konferensi, kamu bisa diam-diam sambil melipat cucian yang sudah kering. Atau setelah memasukkan pakaian ke mesin cuci, kamu bisa memanfaatkan waktu untuk mendampingi anak mengerjakan tugas sekolah.

3. Berikan Waktu Khusus Untuk Anak-Anak

Meluangkan waktu khusus untuk bermain dengan anak-anak akan membuat mereka merasa bahagia. Setelahnya, mintalah waktu pada mereka untuk memberikan kita waktu menyelesaikan pekerjaan kantor tanpa gangguan.

Selain itu, ajak anak untuk mengenal tanggung jawab sesuai usianya, seperti misalnya membereskan kembali mainannya, menaruh baju kotor di tempatnya, dan sebagainya.  Hal-hal kecil tersebut akan membantu meringankan tugas kamu di rumah.

4. Bekerja Sama Dengan Pasangan

Selama masa karantina, pasangan tentu juga bekerja dari rumah. Bicarakan dengan pasangan, kapan waktu yang memungkinkan baginya untuk membantu mengurus pekerjaan rumah. Buatlah jadwal siapa akan melakukan apa dan kapan waktu tidak boleh diganggu saat sedang bekerja. Sebagai catatan, meski pasangan sama-sama bekerja dari rumah, hindari untuk memperlakukannya seperti kolega. Hindari memberikan nasihat kerja yang tak dimintanya. Satu-satunya hal yang perlu didiskusikan adalah urusan rumah tangga.

5. Jangan Abaikan Istirahat

Meski tampak sepele, meluangkan sedikit waktu di sore hari untuk membuat dan menyesap secangkir kopi, akan membuat kamu merasa lebih rileks. Ketika pikiran dan tubuh rileks, mood akan terjaga dan energi positf akan kembali, sehingga kamu bisa menyelesaikan sisa tugas di hari ini dengan baik.

Demi mempermudah aktifitas kamu selama di rumah, saat menghadapi bulan puasa nanti kamu cukup penuhi kebutuhan selama di rumah dengan berbelanja di JD.ID. Dalam hal tersebut, kamu pun membantu program pemerintah dalam menanggulangi bencana COVID-19. Pemerintah daerah telah memberlakukan PSBB di berbagai wilayah, jadi kamu harus mengurangi aktifitas di luar rumah.

Selain membantu program pemerintah kamu juga membantu tim medis yang sedang sibuk di rumah sakit, kamu tidak usah keluar rumah cukup berbelanja online di JD.ID, biar kami yang antar segala kebutuhanmu selama bulan puasa.

JD.ID menyediakan berbagai kebutuhan yang kamu perlukan selama menyambut bulan puasa, dari kebutuhan makanan, kebutuhan rumah tangga, hingga paket parsel untuk kerabat atau orang yang membutuhkan untuk kamu sumbangkan kami pun menyediakan itu semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here