Cara Check in Hotel ini Dijamin Aman dan Anti Boncos!

0
809
Cara check in hotel
Foto: Instagram.com/@nikitawillyofficial94

Belakangan ramai pemberitaan mengenai cara check in hotel yang mengalami banyak perubahan, salah satunya yaitu tidak memperbolehkan pasangan bukan suami istri untuk menginap.

Namun merujuk RUU KUHP pasal 415, pasangan di luar nikah tidak bisa di penjara saat melakukan check in di hotel. Sebab, aduan hanya bisa dilakukan oleh keluarga yang bersangkutan. Jadi, tidak semua pihak bisa melaporkan.

Tentunya, dengan peraturan tersebut akan mempengaruhi proses ketika ingin menginap di hotel. Selain itu, ada beberapa aturan lain yang perlu kamu ketahui seperti jam check in, aturan dikamar, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Tempat Wisata Bandung dengan Budget Rendah, Ini Rinciannya!

Aturan dan Cara Check in Hotel

Aturan Cara Check in Hotel
Foto: Freepik

Selain cara check in hotel, ada sejumlah peraturan yang wajib kamu patuhi saat akan menginap seperti reservasi, mengetahui waktu check out hingga dikenakan biaya untuk makanan dan minuman yang tersedia di kamar.

Jika melanggar peraturan yang ditetapkan oleh pihak hotel, kamu bisa dikenakan sanksi berupa denda dengan nominal yang cukup besar. Misalnya, merusak salah satu properti kamar seperti sprei bolong akibat terkena setrika, kamu diharuskan mengganti sesuai kebijakan hotel.

Agar kejadian tersebut tidak dialami, pentingnya kamu mengetahui aturan apa saja yang umumnya ada di sebuah penginapan. Berikut informasinya:

  • Lakukan reservasi. Sebelum check in hotel, tentunya kamu perlu melakukan reservasi kamar yang dibutuhkan. Booking kamar hotel juga terbilang mudah, kamu bisa melakukannya secara online atau offline.
  • Jam check in dan check out. Biasanya jadwal check in hotel bisa dilakukan dari pukul 13.00 WIB atau 14.00 WIB. Sedangkan untuk check out maksimal dilakukan pada pukul 12.00 WIB.
  • Cara check in hotel dan berkas yang diperlukan. Setelah melakukan reservasi di sebuah hotel, kamu perlu menyiapkan tanda pengenal seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP). Bahkan ada beberapa hotel yang mengharuskan kamu untuk melakukan deposit dengan jumlah tertentu.
  • Waktu Sarapan. Untuk waktu breakfast di hotel biasanya bisa dinikmati dari pukul 07.00 WIB hingga 10.00 WIB. Umumnya pihak hotel memberikan kartu atau kupon sebagai tanda kalau kamu mendapatkan sarapan di penginapan tersebut.
  • Makanan yang ada di kamar tidak gratis. Perlu diketahui bahwa selain air mineral, makanan lain yang ada di kamar hotel wajib dibayar ketika sudah dikonsumsi.
  • Denda akibat merusak fasilitas hotel. Kerusakan yang disengaja ataupun tidak terhadap fasilitas hotel akan mendapatkan denda sesuai dengan nilai fasilitas yang rusak.

Semua peraturan di atas biasanya dimiliki oleh hampir setiap penginapan yang beroperasi di Indonesia. Oleh karena itu, agar tidak dikenakan denda atau sanksi, kamu harus mematuhi peraturan-peraturan yang sudah dibuat oleh pihak hotel.

Baca Juga: Wisata di Bali Rp 4 Juta Seminggu, Ini Rincian Biayanya!

Hotel Murah di Bandung, Jakarta, dan Jogja

Hotel Murah
Foto: Freepik

Setelah mengetahui cara check in hotel dan peraturannya, kamu pasti butuh rekomendasi tempat untuk menginap kan? Oleh karena itu, berikut beberapa list hotel dengan harga terjangkau yang ada di Jakarta, Bandung dan Jogja.

Hotel di Bandung

Hotel Jakarta

Hotel Jogja

Harris Hotel & Conventions Ciumbuleuit Bandung, Rp 735.616 Royal Kuningan Hotel, Jakarta Selatan, Rp 647.415 Next Hotel Yogyakarta, Sleman. Rp 542.222
Clove Garden Hotel & Residence, Dago Pakar, Rp 820.080 Grand Whiz Poins Simatupang, Jakarta Selatan, Rp 571.563 Grand Rohan Jogja, Yogyakarta. Rp 762.500
Marbella Hotel Dago Bandung, Dago Pakar, Rp 596.966 Lumire Hotel & Convention Center, Jakarta Pusat, Rp 700.000 Ayaartta Hotel, Malioboro. Rp 806.400
The Jayakarta Suites Bandung, Rp 611.216 Amaroossa Cosmo, Jakarta Selatan, Rp 682.500 The Victoria Hotel, Yogyakarta. Rp 645.000
Summerbird, Cicendo. Rp 431.779 Ashley Sabang, Jakarta Pusat, Rp 980.888 Alamanda Familie Villas, Sleman. Rp 866.596
The Silk, Dago. Rp 379.190 BEST WESTERN Mangga Dua Hotel & Residence, Jakarta Pusat, Rp 616.500 Platinum Adisucipto Yogyakarta Hotel & Conference. Sleman. Rp 708.001
Beehive Boutique Hotel, Kota Bandung. Rp   Harris Tebet, Jakarta Selatan, Rp 611.150 Grand Tjokro Yogyakarta, Sleman. Rp 704.445
La Nostalgie Boutique Hotel, Rp 460.000 Swiss-Belhotel Pondok Indah, Jakarta Selatan, Rp 720.000 d’Omah Hotel Yogya, Bantul. Rp 960.001
Favehotel Premier Cihampelas, Rp 832.000 THE 1O1 Jakarta Sedayu Darmawangsa, Jakarta Selatan, Rp 798.000 INNSIDE by Melia Yogyakarta, Sleman. Rp 763.000
Bali World Hotel, By-pass Timur, Rp 440.000 Kosenda Hotel, Jakarta Pusat, Rp 901.773 Sahid Raya Hotel & Convention Yogyakarta. Rp 388.000

Itu dia beberapa rekomendasi yang bisa kamu pilih untuk staycation ataupun liburan bersama teman atau keluarga. Pastinya, untuk cara check in hotel termudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan memesannya melalui situs belanja online yaitu JD.ID.

Selain proses reservasinya yang mudah, kamu juga bisa menikmati berbagai macam promo menarik seperti, voucher diskon hingga potongan harga. Tunggu apa lagi? Yuk, belanja di JD.ID sekarang!