Cara Mudah Membuat Kopi Cold Brew Sederhana di Rumah Saat WFH

0
626

Menu kopi dingin sangat sering kita jumpai ketika sedang berkunjung ke sebuah kedai kopi. Jika sahabat JD.ID sering menikmati kopi hitam dan sedang tidak ingin minum kopi panas, menu cold brew pun menjadi pilihan. Menikmati cold brew racikan barista memang memberikan kesan tersendiri. Namun, sebetulnya kita juga bisa membuatnya sendiri di rumah, loh.

Selain itu, cold brew juga bisa dibuat tanpa menggunakan mesin kopi. Bagaimana caranya? Sebelumnya, ada peralatan yang perlu kamu siapkan, yakni wadahnya. Untuk wadah yang digunakan bisa berupa botol kaca, pitcher, atau jenis lainnya yang cukup untuk tiga gelas cold brew, serta penyaring kopi. Namun, kita perlu bersabar karena membuat cold brew membutuhkan waktu beberapa jam.

Jika kamu memiliki mesin otomatis, alat tersebut bisa mempercepat prosesnya. Namun metode pembuatan cold brew dengan teknik manual membutuhkan setidaknya 12 jam. Jika kamu ingin mencoba membuat cold brew sendiri di rumah, berikut langkahnya.

1. Masukkan Bubuk Kopi ke Wadah

Kamu bisa menggunakan kopi campuran apa saja. Lebih baik jika menggunakan kopi yang digiling kasar dan masih segar. Sebab, semakin lama disimpan, biji kopi yang sudah digiling sebelumnya akan kehilangan rasa karena proses oksidasi. Masukkan sekitar 1,5 cangkir kopi giling kasar untuk setiap tiga cangkir air dingin.

Ya, itu memang jumlah yang sangat banyak daripada menyeduh kopi dengan air panas. Tapi, kita memang membutuhkan jumlah ekstra karena kopi tidak dapat diekstraksi dengan efisien dalam air dingin. Setelah itu aduk kopi dan air menggunakan sendok secara merata.

2. Saring Kopi

Setelah mendiamkannya selama belasan jam, kamu bisa menikmati kopi tersebut. Saring kopi menggunakan penyaring kertas atau alat penyaring lainnya yang langsung kamu bisa tuangkan ke dalam pitcher.

3. Racik dan Hidangkan

Cold brew yang kamu buat memiliki konsentrasi tinggi. Jika kamu menyukai kopi yang strong atau kental, cukup tambahkan es batu, susu atau pemanis. Namun, jika kamu lebih suka kopi yang light atau lebih bening, campurkan air dengan perbandingan 1:1 atau 1:1,5 kopi berbanding air.

Nah, kamu bisa menyimpan sisanya di kulkas, namun jangan lupa menggunakan tempat yang tertutup rapat. Jika disimpan dengan benar, kopi tersebut bisa bertahan hingga dua minggu.

Sahabat JD.ID bisa membeli perlengkapan untuk membuat cold brew, cukup lewat aplikasi JD.ID di rumah dan juga beragam biji serta bubuk kopi cita rasa lokal yang bisa kamu inginkan hanya di JD.ID #DijaminOri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here