Dukung Pariwisata Indonesia, Inilah Keindahan Kepulauan Wakatobi

0
1322

Keindahan alam Indonesia seolah tak akan pernah habis untuk dibahas. Pasalnya, seluruh penjuru Tanah Air punya daya tarik tersendiri yang pantang jika tak dikabarkan. Salah satunya, Kepulauan Wakatobi yang terletak di Sulawesi Tenggara. Wakatobi merupakan akronim dari nama pulau Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Pesona keempat pulau yang berada di timur Indonesia ini sudah terdengar hingga mancanegara.

Oleh pemerintah, Wakatobi telah ditetapkan sebagai Taman Laut Nasional dengan total luas 1,4 juta hektare (ha). Dari area seluas itu, 900.000 ha di antaranya dihiasi beragam jenis spesies terumbu karang tropis berwarna-warni. Jumlahnya mencapai lebih dari 750 spesies karang.

Karena itu, Wakatobi dijuluki sebagai kawasan Karang Penghalang (barrier reef) terbesar di Indonesia dan terbesar kedua di dunia setelah Great Barrier Reef yang berada di Australia. Selain masuk ke dalam segitiga emas karang dunia, laut Wakatobi punya sekitar 942 jenis ikan.

Tak heran, wilayah ini kerap dijadikan spot andalan menyelam bagi pelancong domestik ataupun mancanegara. Bahkan, peneliti asal Prancis Jacques Cousteau menyebutkan bahwa Wakatobi sebagai spot diving terbaik di dunia.

Terkenal akan kemolekan bawah lautnya, Wakatobi sangat pantas untuk dijadikan destinasi wisata #DiIndonesiaAja. Lantas, hal apa saja yang bisa ditemukan saat berpelesir ke Wakatobi? Berikut ulasannya.

1. Menyaksikan Atraksi Lumba-Lumba

Sebagai Taman Laut Nasional, laut Wakatobi punya beragam aneka biota laut. Salah satunya, lumba-lumba. Mamalia ini bisa kamu temukan di perairan Pulau Kapota yang berada di timur Pulau Wangi-Wangi.

Adapun perjalanan dari Pulau Wangi-Wangi ke Pulau Kapota bisa menggunakan kapal dengan waktu tempuh hanya 15 menit. Sesampai di Pulau Kapota, kamu akan langsung melihat formasi lumba-lumba bertingkah dengan lucu dan menari bebas di lautan lepas.

Atraksi lumba-lumba di pulau ini mirip dengan atraksi lumba-lumba yang ada di Pantai Lovina, Bali. Momen istimewa tersebut bisa dinikmati setiap hari, mulai dari pukul 6.00 hingga 7.30 waktu setempat.

2. Mengunjungi Kampung Suku Bajo

Destinasi berikutnya yang tidak boleh dilewatkan saat pelesiran ke Wakatobi adalah Kampung Bajo Mola di Pulau Wangi-Wangi. Sebagai informasi, kampung ini merupakan rumah suku Bajo yang terkenal dengan sebutan “Si Pengembara Lautan”. Keunikan kampung itu terletak pada topografi kawasannya.

Pasalnya, pekarangan rumah penduduk di kampung ini bukanlah tanah layaknya kampung pada umumnya, melainkan hamparan air laut jernih. Jadi, saat memandang ke bawah, kamu bisa menyaksikan aneka biota laut.

Selain bisa menikmati pemandangan laut yang mengesankan, kamu juga bisa mengenal lebih dekat kehidupan suku Bajo yang hingga saat ini masih pandai membaca alam laut dan rasi bintang.

3. Melihat Habitat Udang Merah Darah

Usai menikmati pemandangan laut dan mengenal kehidupan suku Bajo di Kampung Bajo Mola, melipirlah ke Pulau Kaledupa yang berjarak 43 kilometer (km) dari Pulau Wangi-Wangi. Di Pulau Kaledupa, kamu akan menemukan Danau Sombano yang terkenal akan keelokan alamnya, baik darat maupun air.

Posisi danau ini membentang sepanjang 700 meter dari garis pantai. Hal menarik lainnya, Danau Sombano merupakan habitat bagi udang merah darah. Kehidupan hewan ini bisa kamu saksikan dari atas kano. Menaiki kano juga mempermudah kamu berkeliling danau untuk menikmati keindahan alam dan kesejukan udaranya.

Menyambut kampanye bertajuk JD.ID HarJOYnas 10.10, JD.ID kembali hadirkan “Travel Buddies” yang dimana Sahabat JD.ID akan disuguhkan dengan promosi liburan dari JD.ID. Diskon yang ditawarkan meliputi berbagai layanan yang ada di platform JD.ID seperti, trip wisata mulai dari Rp 99.000,00 dan juga extra voucher hingga Rp 200.000,00

Sahabat JD.ID bisa memilih destinasi berlibur yang di inginkan, karena terdapat beragam destinasi wisata yang menarik untuk di kunjungi untuk liburan bersama keluarga. Hal Ini bisa jadi salah satu indikator yang cukup positif terhadap kebangkitan sektor pariwisata dalam negeri. Dengan adanya campaign berlibur “Travel Buddies” dari JD.ID ini juga memberikan harapan animonya bisa lebih tinggi lagi guna mendukung pariwisata di Indonesia.