Infografik: Cara Biar Daging Kurban Kambing Gak Bau Prengus!

0
85
Cara Biar Daging Kurban Kambing Gak Bau Prengus!
Foto: liputan6.com

Menjelang Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada 9-10 Juli 2022, umat Islam harus mulai mempersiapkan sejumlah hal yang dibutuhkan. Seperti contohnya peralatan ibadah untuk shalat Ied, hingga cara efektif menghilangkan bau prengus daging kurban kambing.

Pasalnya, hari besar yang satu ini sangat identik dengan kurban daging kambing. Mengingat, Idul Adha merupakan peringatan untuk peristiwa kurban Nabi Ibrahim AS yang diminta Allah untuk bersedia menyembelih putranya, yaitu Nabi Ismail AS.

Tetapi, karena kepatuhannya pada perintah Allah SWT, Nabi Ismail AS yang sebelumnya akan disembelih, melalui malaikat Jibril akhirnya diganti menjadi seekor kambing. Oleh karena itu, penyembelihan daging kambing di momen Idul Adha ini sangat identik.

Tidak hanya soal penyembelihannya saja, namun juga pengolahan daging kurban kambing agar tidak bau prengus pun menjadi hal yang paling banyak dicari. Lantas, bagaimana cara mengolahnya yang benar? Yuk, simak informasi berikut ini!

Baca Juga: 5 Cara Memasak Daging Biar Empuk yang Wajib Dicoba!

Cara Menghilangkan Bau Prengus Daging Kurban Kambing

Cara Menghilangkan Bau Prengus Daging Kurban Kambing
Foto: JD.ID

Untuk bisa menghilangkan bau prengus daging kurban kambing, pada dasarnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Adapun cara-cara efektif yang dimaksud akan diulas secara lengkap di bawah ini khusus untuk kamu.

1. Jangan Mencuci Daging Kurban Kambing Mentah

Siapa di antara kamu yang masih suka mencuci daging kambing mentah sebelum dimasak? Yuk, mulai hilangkan kebiasaan tersebut!

Faktanya, daging kambing yang dicuci saat mentah dapat membuat daging alot dan menimbulkan bau prengus. Maka dari itu, untuk menyiasatinya kamu bisa menggunakan lap kering atau tisu untuk membersihkan daging dari sisa darah maupun kotoran yang menempel.

2. Buang Bagian Lemak Daging

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau prengus daging kambing, yaitu dengan membuang bagian lemaknya yang menggumpal. Diketahui, lemak tersebut yang menjadi pemicu daging mengeluarkan aroma tidak sedap.

Untuk itu, solusi yang bisa dicoba adalah dengan memasukkan daging ke dalam freezer, agar proses pembuangan lemak semakin mudah.

3. Marinasi dengan Jeruk Nipis

Membahas tentang jeruk nipis, kamu pasti tahu kalau buah yang satu ini kaya akan vitamin C. Namun, selain itu buah ini juga memiliki kandungan asam sitrat yang mampu menghilangkan berbagai macam bau tidak sedap, termasuk bau prengus kambing.

Dengan begitu, kamu bisa memanfaatkannya dengan cara melumuri seluruh permukaan daging menggunakan perasan jeruk nipis, lalu diamkan selama 30-60 menit agar baunya benar-benar hilang.

Baca Juga: Resep Rendang Daging Sapi Presto, Dijamin Mantap!

4. Rebus Menggunakan Lobak

Seperti yang bisa kamu lihat pada infografik, merebus daging kambing menggunakan lobak adalah salah satu cara efektif yang mampu menghilangkan semua bau prengus.

Walau begitu, cara menggunakannya tidak bisa sembarangan. Kamu perlu merebus daging kurban kambing dengan beberapa potongan lobak secara bersamaan selama kurang lebih 30 menit.

Hal itu ditujukan agar bau tidak sedap dari kambing benar-benar hilang, mengingat kadar kolin daging ini relatif tinggi, sehingga dinetralisir dengan potongan-potongan lobak yang kadar kolinnya sangat rendah.

5. Simpan Daging di Wadah Tertutup

Cara terakhir yang bisa kamu coba, yaitu dengan menyimpan daging di wadah tertutup. Cara ini cukup efektif untuk menghilangkan bau prengus kambing, sekaligus membuatnya tahan lama.

Hanya saja, setelah itu kamu juga perlu memasukkannya ke dalam freezer, agar nantinya daging kurban bisa diolah menjadi berbagai menu masakan.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau prengus daging kurban kambing. Bagaimana, sangat mudah kan?

Kamu bisa langsung mencobanya sendiri di rumah, dengan terlebih dahulu membeli jeruk nipis, lobak, dan sejumlah buah lainnya yang dibutuhkan secara online agar lebih praktis dan mudah.

Salah satunya melalui e-commerce terbaik dan terpercaya seperti JD.ID, karena platform belanja ini menyediakan bahan masakan yang bisa dibeli sesuai keinginan dan kebutuhan. Apalagi, kamu juga bisa menikmati berbagai promo yang ditawarkan agar lebih hemat.

Dengan begitu, kamu bisa langsung membeli berbagai kebutuhan memasak sekarang juga sebelum kehabisan. Yuk, belanja!