Ingin Berwisata Mendaki Gunung, 5 Hal ini Harus di Persiapkan Sebelum Mendaki Gunung

0
73

Berwisata mendaki gunung merupakan salah satu destinasi wisata yang sacral bagi para wisatawan, selain menguras tenaga, mental pun menjadi hal terpenting yang dipersiapkan untuk mendaki gunung. Destinasi wisata gunung ini kerap kali didatangi oleh ribuan orang yang ingin mendaki untuk melihat keindahanya saat di puncak tertinggi.

Nah, kalau kamu adalah salah satu orang yang tertarik untuk mendaki gunung namun ini adalah pengalaman pertamamu, jangan lupa persiapkan beberapa hal berikut ini, ya!

1. Lakukan Riset dan Survei

13 Tips to Avoid Getting Lost Hiking - Tho Dia Media

Untuk melakukan pendakian, kamu tentu harus melakukan riset serta survei menyeluruh ketika berencana bepergian ke suatu tempat. Nah, mengingat ini adalah kali pertamamu mendaki gunung, sebaiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu transportasi menuju gunung tersebut seperti apa, pengurusan izin, titik awal pendakian, hingga siapa yang bisa dihubungi jika terjadi keadaan darurat juga penting kamu persiapkan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan.

2. Tentukan Waktu Mendaki yang Tepat

The Best Time To Go Hiking! For A Great Hiking Experience! – Outdoor  Luxuriez

Jika Sahabat JD.ID pertama kali ingin mendaki gunung, mulailah dari gunung yang tidak terlalu tinggi. Ambil contoh jika kamu pertama kali mendaki gunung, jangan langsung mendaki Gunung Rinjani.

Gunung Rinjani bukanlah pegunungan yang bisa kamu kunjungi kapan pun kamu mau. Kamu perlu tahu kondisi cuaca serta musim yang tepat sebelum mendaki gunung cantik ini.

Biasanya, para pendaki akan berdatangan di bulan Maret hingga Januari. Namun, waktu yang paling disarankan untuk datang ke Gunung Rinjani adalah pada bulan Mei hingga September karena musim kemarau mulai tiba dan jalanan sudah tak begitu licin.

3. Persiapkan Peralatan Mendaki dan Logistik

Gear List, Shakedown Hike, and Other Prep for the Long Trail - The Trek

Peralatan mendaki adalah hal yang vital untuk Sahabat JD.ID perhatikan. Selain harus layak pakai, pastikan juga perlengkapan yang kamu gunakan cukup nyaman untuk mencegah terjadinya gangguan selama berada di gunung, seperti sepatu, tas, pakaian, tenda, hingga matras untuk tidur.

Nah, untuk mengurangi bebanmu saat berangkat, kamu bisa memilah-milah terlebih dahulu barang-barang logistik yang bisa kamu beli. Serta yang terutama pastikan bahwa tenda yang kamu bawa itu anti air dan juga tahan pada udara dingin.

4. Cari Kelompok Pendakian

GUIDE: How to prepare and organize a group-hiking route? - Walkaholic

Jika ini adalah pengalaman pertamamu mendaki ke gunung, sangat disarankan supaya kamu pergi beramai-ramai dengan orang yang sudah berpengalaman atau terbiasa. Selain karena mereka dapat membimbingmu selama proses pendakian, bepergian ke gunung sendirian bisa dikatakan cukup riskan.

Sedikit tip, kamu bisa mengumpulkan teman-temanmu yang juga senang mendaki atau bergabung dengan sekelompok pendaki yang menawarkan open trip.

5. Perhatikan Kesiapan Fisik

The 7 Best Exercises for Hiking: An Expert Hiker Weighs In

Segala kebutuhanmu sudah siap untuk mendaki gunung? Jangan lupa persiapkan fisikmu juga, ya. Karena gunung memiliki medan yang cukup menantang, ada baiknya kamu rajin berolahraga untuk menjaga stamina agar tak mudah sakit.

Saat mendaki gunung, kamu harus berjalan selama berjam-jam untuk mencapai puncak, dan kemudian kembali turun. Kalau kesiapan fisikmu tak terjaga, bisa-bisa kamu justru melewatkan kesempatan untuk menikmati indahnya pemandangan di gunung karena terlalu lelah.

Jika kamu tertarik untuk mendaki gunung, kini di JD.ID kamu bisa rencanakan perjalanan dengan open trip yang tersedia. Kamu bisa memilih beberapa destinasi wisata mendaki gunung yang ada di JD.ID.

Lewat program “EDAN – Eksplorasi Destnasi Andalan” Sahabat JD.ID bisa mendapatkan diskon hingga 11 Juta dan juga diskon tiket penerbangan sampai dengan 1.1 juta. Periode ini berlangsung dari tanggal 11 – 30 November 2021 hanya di JD.ID.