Ingin Pergi Berlibur, Pulau di Wisata Kepulauan Seribu Sudah Buka Kembali

0
4524

Libur Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia pada Senin (17/8/2020) jadi saat yang dinantikan bagi seluruh warga. Pasalnya, Sabtu dan Minggu juga merupakan akhir pekan di mana orang biasanya pergi berlibur. Momen ini kerap dipakai untuk berlibur panjang.

Tak usah pergi jauh-jauh karena masih pandemi COVID-19, kamu masih bisa menikmati liburan jarak dekat. Jika kamu dari Jakarta, salah satu rekomendasinya adalah Kepulauan Seribu. Pasalnya semua pulau wisata di Kepulauan Seribu sudah buka untuk umum.

Selama masa pandemi, kamu juga bisa menghemat biaya liburan ke Kepulauan Seribu karena Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta memberi diskon 50 persen pada kapal motor yang memiliki rute Kali Adem ke Kepulauan Seribu. Sahabat JD.ID tertarik untuk liburan ke Kepulauan Seribu? Berikut ini pulau-pulau wisata yang biasanya dikunjungi wisatawan di Kepulauan Seribu.

1. Pulau Untung Jawa

Berangkat dari Pelabuhan Kali Adem menuju Pulau Untung Jawa, kamu akan mendapat harga tiket kapal motor Rp 22.000 dari harga normal Rp 44.000. Harga itu sudah termasuk peron dan asuransi. Kamu bisa naik kapal dengan zona I. Sampai di Pulau Untung Jawa, kamu bisa memilih ragam aktivitas wisata yang diinginkan, misalnya bersantai di pantai, snorkeling, diving, hingga bermain banana boat atau jetski.

Ada pantai-pantai indah di pulau ini, salah satunya pantai Untung Jawa yang menawarkan pasir pantai dan lautan lepas Kepulauan Seribu berwarna biru. Kamu juga bisa menginap di sana dengan menyewa salah satu kamar penginapan. Harga penginapan berkisar antara Rp 150.000 hingga Rp 400.000 per malamnya.

2. Pulau Lancang

Berada di rute yang sama dengan Pulau Untung Jawa, kamu juga bisa menjelajahi pulau Lancang. Secara administratif, pulau Lancang berada di Kelurahan Pulau Pari, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu, sekitar 11 kilometer (km) dari Jakarta. Di sana, kamu bisa menikmati aktivitas, seperti memancing, menikmati pemandangan laut, dan menjelajahi Taman Wisata Terpadu Pantai Karang Mangrove Pulau Lancang.

Adapun, wisatawan dapat menikmati perpaduan antara pantai, karang dan hutan mangrove. Wisatawan juga bisa menikmati hasil laut di pulau ini seperti cumi, rajungan hingga ikan asin untuk kulinernya.

3. Pulau Pari

Pulau ini masih sama rutenya dengan pulau Untung Jawa dan pulau Lancang, yaitu zona I. Ketika sampai di pulau ini, kamu akan disambut pemandangan pasir putih dan perairan jernih. Air lautnya pun tidak tinggi dan arusnya ramah. Kamu bisa mengunjungi daya tarik pulau ini yaitu pantai Pasir Perawan, Dermaga Bukit Matahari, dan pantai Pasir Kresek.

Selain berenang, kamu juga bisa menikmati wisata bahari seperti snorkeling melihat terumbu karang indah di bawah laut pulau Pari. Bersepeda santai juga bisa kamu lakukan di pagi atau sore hari mengelilingi pulau atau menuju pantai Pasir Perawan.

4. Pulau Tidung

Pulau Tidung belakangan dikenal sebagai ikon baru pariwisata Kepulauan Seribu karena daya tarik yang disajikan, antara lain spot selfie. Untuk menuju ke sini, kamu bisa menggunakan kapal motor zona 2 dengan harga Rp 27.000 dari harga normal Rp 54.000. Jika kamu menginginkan spot foto yang apik, pulau Tidung bisa menjadi pilihannya.

Tempat ini memiliki segudang spot foto Instagramable yang kerap jadi incaran wisatawan. Sampai di sana, kamu bisa langsung menuju spot paling dicari, yaitu Jembatan Cinta yang tidak hanya menghubungkan pulau Tidung Besar dan Kecil, tetapi juga sebagai spot selfie wisatawan.

Itulah beberapa pulau di Kepulauan Seribu yang bisa sahabat JD.ID jadikan destinasi wisata untuk istirahat sejanak dan melupakan diri dari pekerjaan. Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan JD Tour & Travel untuk melihat referensi serta beragam promo liburan yang bisa kamu pilih ketika ingin berlibur. Kunjungi JD Tour & Travel sekarang juga dan dapatkan promo serta harga yang menarik dari JD.ID.