Jangan Mudik Dulu ! Simak 4 Alasan Kenapa Dilarang Mudik Tahun Ini

0
348

Sahabat JD.ID, tidak terasa hari raya lebaran sebentar lagi. Pasti kamu semua akan menyambut hari tersebut dengan suka cita. Yang terpenting, tetap jaga kesehatan dengan rajin cuci tangan dan gunakan masker jika beraktivitas ya!

Menjelang datangnya Bulan Ramadan, pemerintah memberikan  himbauan untuk masyarakat agar tidak melakukan kegiatan tahunan, mudik. Tahukah kamu kenapa sebaiknya untuk sementara kegiatan ini tidak dilakukan?

Setiap memasuki Bulan Ramadan, masyarakat Indonesia memiliki banyak tradisi khusus mulai dari buka puasa bersama hingga mudik atau pulang kampung. Sayangnya, tahun ini jika sahabat JD, punya rencana untuk mudik harus ditunda terlebih dahulu. Kenapa ya?

1. Mengacaukan Pergerakan Physical Distancing

Kamu pasti tidak asing dengan istilah ini, bukan? Sebelumnya dikenal sebagai social distancing, istilah ini berupa kegiatan dimana setiap orang harus menjaga jarak fisik dengan orang lain sekitar minimal 1,5 meter. Hal ini dilakukan untuk menekan rantai penyebaran virus corona yang penyebarannya melalui droplet, seperti percikan cairan ketika bersin atau batuk.

Jika masyarakat berkumpul di suatu tempat yang sama dalam jumlah banyak, maka kemungkinan virus untuk menyebar akan semakin besar. Tempat-tempat seperti terminal dan stasiun cenderung ramai ketika musim mudik tiba dan berarti akan sulit untuk menerapkan physical distancing ini. Maka dari itu, pemerintah menghimbau masyarakat untuk menunda kegiatan mudik tahun ini.

2. Adanya Aturan PSBB di Berbagai Daerah

Baru-baru ini pemerintah ibukota Jakarta memperpanjang peraturan ini hingga 4 Juni, hal ini guna meminimalisir pergerakan masyarakat di luar rumah. Perbedaan mendasar antara PSBB dengan lockdown adalah dimana dilakukan pembatasan kegiatan masyarakat yang berpotensi menyebarkan virus corona. Sementara lockdown, benar-benar menutup akses masuk ke kota dan segala kegiatan di luar rumah untuk sementara dihentikan.

Selain Jabodetabek, beberapa daerah di Indonesia pun sudah mengajukan untuk penerapan PSBB seperti di Bandung dan Makassar. Maka dari itu, jika kamu punya rencana untuk mudik akan mengalami sedikit kendala karena adanya pengawasan langsung dari pihak yang berwenang. Adapun hal ini dilakukan juga berguna untuk menghindari penyebaran virus yang akan semakin luas ke berbagai daerah lain di Indonesia.

3. Terbatasnya Sarana Kesehatan di Kota-kota Kecil

Petugas medis yang menjadi garis depan dalam penanganan pasien virus corona (COVID-19) mengalami beberapa kendala. Mulai dari minimnya fasilitas rumah sakit, tenaga medis yang tidak sebanding dengan jumlah pasien hingga terbatasnya alat pelindung diri yang sesuai standar. Beberapa rumah sakit di daerah kota besar saja mengalami masalah ini, bagaimana jika di kota kecil?

Beberapa orang mudik menuju kampung halaman yang lokasinya berada jauh dari pusat kota. Hal ini bisa jadi kendala bagi mereka yang tiba-tiba harus merujuk ke rumah sakit terdekat, jika mengalami sakit. Terlebih lagi, jika fasilitas serta kondisi rumah sakit itu tidak selengkap dengan rumah sakit yang ada di kota-kota besar.

4. Pemerintah Menggeser Cuti Bersama Lebaran 2020

Pemerintah telah menetapkan tanggal libur nasional dan cuti bersama terbaru untuk tahun 2020. Informasi terbarunya adalah cuti bersama Hari Raya Idul Fitri pada Mei 2020 digeser ke Desember 2020. Sehingga yang pada awalnya tanggal 26 Mei-29 Mei 2020 berubah menjadi 28 Desember-31 Desember 2020. Jadi libur lebaran semakin singkat, bukan?

Penggeseran tanggal cuti bersama ini pun bertujuan untuk menekan jumlah masyarakat yang akan mudik, karena hari libur yang sebentar. Selain itu, hal ini juga supaya penanganan penyebaran virus corona (COVID-19) bisa semakin cepat tertangani dan keadaan kembali pulih. Kamu pasti rindu dengan keadaan kembali seperti semula, bukan?

Penuhi kebutuhan kamu dan keluarga saat lebaran dengan berbelanja di JD.ID, karena tidak mungkin jika kamu membeli yang dibutuhkan untuk lebaran di mall atau pusat perbelanjaan. Hal ini dilakukan untuk tetep membantu program pemerintah memutus rantai persebaran virus COVID-19. Dapatkan aneka promo menarik lebaran mulai dari hampers, kebutuhan pangan, kebutuhan fashion, hingga elektronik di JD.ID.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here