Mengetahui Keindahan Deretan Danau di Berau Kaltim, Destinasi Liburan Baru

0
92

Nama Berau tentu sudah tak asing lagi, bagi orang Kalimantan Timur. Berau merupakan salah satu wilayah Indonesia yang memiliki potensi destinasi wisata alam cantik dan epik.

Keberadaan alamnya pun masih terjaga dengan baik. Sangat alami dan begitu memanjakan mata. Wilayah Berau juga memiliki empat danau menarik sebagai destinasi wisata alam yang bisa dikunjungi, saat liburan ke Kalimantan.

1. Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin, Surga Tersimpan di Kalimantan Timur | Indonesia  Traveler

Labuan Cermin merupakan danau yang cukup terkenal dan menjadi salah satu destinasi wisata alam favorit di Kabupaten Berau.

Lokasinya berada di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Danau Labuan cermin memiliki daya tarik sendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara, karenanya memiliki air yang sangat jernih dan memiliki dua rasa.

Warna airnya juga terbilang unik dan sangat menarik, perpaduan hijau toska, biru dan pemandangan di sekitarnya tak kalah memesona.

2. Danau Tulung Ni Lenggo

Teduhnya Tulung Ni Lenggo, Si Telaga Biru yang Jernih

Selain Labuan Cermin, Berau juga memiliki danau yang tak kalah cantik, yaitu Danau Tulung Ni Lenggo namanya. Berlokasi di Tembudan, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Sebelumnya tempat ini dinamakan Danau Telaga Biru.

Biasanya dijadikan sebagai tempat mancing, namun kini berubah menjadi destinasi wisata di Kalimantan Timur. Pemandangan di sekitar danau ini begitu asri dan cantik. Bisa mencari spot terbaik yang Instagramable untuk mengabadikan foto.

3. Danau Ubur-ubur

Danau di Palau Kembali Didatangi Ubur-ubur Emas

Selanjutnya adalah Danau Ubur-ubur, nama tempat satu ini memang terdengar lebih unik. Apakah dipenuhi oleh hewan laut mirip jelly?

Lokasinya terletak di Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Kemudian danau ini memiliki nama lain, yaitu Danau Kakaban di mana di perairan ini dipenuhi oleh ubur-ubur.

Kendati banyak ubur-ubur, namun tidak perlu khawatir tersengat. Wisatawan biasanya berenang di danau ini, melihat keindahan di bawahnya.

Lalu menariknya lagi, Danau Ubur-ubur ini biasa dijuluki sebagai danau purba. Danau ini terbentuk akibat pengangkatan atol atau terumbu karang cincin setinggi 40-60 meter, yang terjadi pada 1-2 juta tahun silam.

Itulah deretan lokasi wisata di Kalimantan Timur yang memiliki pesona indahnya tersendiri. Destinasi wisata ini bisa menjadi pilihan untuk Sahabat JD.ID kunjungi saat liburan akhir tahun bersama keluarga tercinta. Selain itu, Sahabat JD.ID pun bisa mendapatkan beragam oleh-oleh khas Kalimantan Timur di JD.ID. Dengan adanya gerakan “Bangga Buatan Indonesia“, kamu harus bangga beli produk lokal Kalimantan Timur hanya di JD.ID.