Menu Sahur Sederhana Bikin Kenyang, Anak Kost Wajib Coba!

0
780
4 menu sahur ala ank kost
Ilustrasi: freepik

Menu sahur sering jadi dilema untuk anak kost. Karena keterbatasan akan alat masak, bahan masakan, dan pengalaman seringkali anak kost mengonsumsi makanan siap saji. Sayangnya mengonsumsi makanan siap saji terus menerus kurang baik bagi kesehatan, apalagi saat puasa.

Oleh sebab itu alangkah baiknya jika kamu masak sendiri. Eits, tenang aja masak untuk sahur gak ribet kok. Ada berbagai makanan simple, mudah, dan cepat dibuat yang pas untuk sahur.

4 Rekomendasi Menu Sahur Simple, Mewah,  dan Ekonomis Ala Anak Kost yang Wajib Dicoba!

Bosan dengan nasi goreng, mie instan, nugget, dan telur ceplok untuk menu sahur? Yuk simak berbagai makanan nikmat ini!

1. Menu Sahur Sup Jamur Putih

sup jamur putih
Ilustrasi CKBK

Kamu suka dengan sup? Kali ini kamu bisa menikmati sup jamur yang hangat saat pagi buta. Dengan memakan sup saat subuh, perut kamu pastinya akan lebih hangat dan nyaman. Jamin deh puasa kamu bakal tahan seharian!

Pertama-tama kamu bisa rebus paha atau sayap ayam. Untuk rasa kaldu yang lebih nendang kamu bisa gunakan ceker ayam. Masukan 5 siung bawang merah utuh untuk aroma dan rasa yang memikat. Setelah dirasa kaldu sudah mulai keluar, tambahkan berbagai bumbu dapur seperti garam dan lada secukupnya.

Apabila kamu menyukai rasa manis bisa tambahkan sedikit garam. Setelah itu masukan jamur putih. Terakhir beri minyak wijen dan daun bawang untuk aroma semakin sedap. Dan makanan pun siap di santap dengan nasi. Dengan makanan ini kamu pun siap puasa seharain.

Baca Juga: 5 Menu Buka Puasa Rumahan Lezat dan Cepat, Hanya 30 Menit!

2. Sarden Kaleng Gak Jadi Masalah

menu sahur sarden kaleng
Ilustrasi: Freepik

Menu selanjutnya yang sangat simple dan mudah yakni memasak sarden kaleng. Permata-tama pastikan kamu memiliki pembuka kaleng sarden terlebih dahulu serta wajan atau teflon.

Beri sedikit minyak pada teflon, masukan 3 siung bawang merah , 2 siung bawang putih, cabe merah sesuai selera yang sudah di potong. Oseng hingga harum dan masukan 2 buah tomat yang telah dipotong juga.

Masukan garam dan lada secukupnya lalu tuang air sedikit demi sedikit. Aduk-aduk hingga merata. Setelah itu tuang sarden kaleng dari brand favorit kamu. Aduk kembali hingga merata.

Ingat aduknya harus hati-hati agar ikan sarden tidak remuk. jangan terlalu lama di aduk juga agar ikan sarden tetap utuh dalam kondisi yang baik. Setelah itu tiriskan dan siap di santap. Dengan makanan yang memiliki nutrisi serta energi ini puasa kali ini jamin anti bolong deh!

3. Tomato Egg Mewah tapi Simple

menu puasa tomato egg rice
Ilustrasi: Tiktok

Menu puasa untuk sahur yang ketiga yakni tomato egg. Menu ini dapat dikatakan mewah namun tetap ekonomis. Bahan-bahannya pun mudah serta cara membuatnya hanya hitungan menit saja lho!

Pertama-tama kamu bisa tuang minyak pada teflon dan oseng jahe yang sudah di iris panjang-panjang. Selanjutnya masukan potongan tomat, garam, lada, bubuk cabai, sesame oil, dan saus tiram 1 sendok makan.

Aduk dan tunggu beberapa menit lalu masukan tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan air perlahan-lahan. Guna dari larutan tepung maizena ini yakni untuk mengentalkan.

Terakhir ambil 2 telur pecahkan dalam mangkuk, kocok, dan tuang dalam teflon tersebut. Tunggu +/- 40 detik, taburkan daun bawang, dan aduk perlahan. Taruh nasi pada piring saji dan siram dengan tomato egg tersebut.

Baca Juga: Resep Pisang Goreng Crispy Anti Gagal Cocok untuk Buka Puasa!

4. Sosis Goreng Mentega Bikin Nagih

sosis goreng mentega menu sahur
Ilustrasi: Shutterstock

Ini dia santapan yang tak kalah dijadikan menu favorit saat hendak puasa di dini hari. Awal mula kamu siapkan sosis sapi atau sosis ayam dengan brand favorit kamu. Setelah itu potong sesuai selera. Agar mudah cukup potong bulat-bulat saja, namun jika kamu ingin buat seperti bunga pun boleh.

Untuk sausnya kamu dapat campurkan saus tomat, saus tiram, dan kecap manis dengan takaran 1:1. uang air dan aduk hingga rata. Setelah memotong sosis dan membuat saus, masukan 2 sendok makan mentega pada teflon. Oseng bawang putih cincang dan bombay yang sudah di iris.

Tunggu hingga harum, lalu masukan sosis tadi. Setelah itu masukan saus yang telah dibuat sebelumnya. Tambahkan garam dan lada secukupnya. Jika saus terlalu cair, kamu bisa tambahan larutan tepung maizena agar kental.

Itu dia 4 rekomendasi menu puasa untuk sahur yang mewah ala anak kost tapi harga tetap ekonomis. Selain mewah dan ekonomis, cara membuatnya pun mudah hanya dengan hitungan menit saja.

promo jd id jd mart belanja hemat

4 menu puasa untuk sahur tersebut dijamin sehat dan bernutrisi lho! Kalau kamu ingin membuat menu serupa kamu bisa membeli berbagai kebutuhan bahannya di JD Mart. Karena di JD.ID ada banyak promo diskon menarik khusus pembelian kebutuhan rumah tangga.

Gak cuma itu saja, berbagai bahan masakan yang ada di Jd Mart ini dijamin segar lho! Plus kamu juga mendapatkan layanan pengiriman yang aman, cepat, dan gratis ke seluruh Indonesia. Tunggu apalagi yuk order sekarang juga untuk menu sahur yang sehat.