3 Cara Mudah Membuat Slime di Rumah Sambil Ngabuburit

0
450
3 Cara Mudah Membuat Slime di Rumah Sambil Ngabuburit- JD.ID

Di antara kamu apakah ada yang menyukai slime? Kalau begitu, yuk kita cari tahu bagaimana cara membuat slime. Tapi dari Sahabat JD apakah masih ada yang belum mengetahui apa itu slime? Sederhananya slime adalah mainan yang disukai anak-anak atau orang dewasa yang terbuat dari bahan-bahan rumah tangga disatukan menjadi zat polimer padat dan cair.

Umumnya anak-anak menyukai mainan slime ini karena teksturnya yang elastis, mudah dibentuk serta memiliki warna yang menarik. Mainan edukatif ini sangat populer beberapa waktu lalu dan banyak diburu. Padahal, kamu juga bisa lho membuat slime sendiri di rumah bersama Si Kecil.

Adapun proses membuat slime cukup cepat dan bahan-bahan yang dibutuhkan pun cukup mudah. Sambil mengisi bedug Maghrib, kamu bisa mengajarkan Si Kecil untuk mengenal prinsip dasar kimia dan fisika. Pastinya ini sangat seru! Yuk langsung saja kita simak bagaimana cara membuatnya!

Baca juga: Apa Itu Mainan Pop It? Yuk, Kenali Definisi dan Manfaatnya

1. Cara Membuat Slime 1 Bahan yang Mudah

Cara Membuat Slime 1 Bahan yang Mudah- jd.id

Dalam tutorial ini, Sahabat JD akan diajak untuk membuat slime menggunakan satu hingga beberapa bahan sehari-hari yang mudah dijumpai.

Tanpa berlama-lama langsung saja kita simak cara membuat slime dengan 1 bahan berikut ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

  • 2 Bungkus sampo clear
  • Pengaduk (sendok)
  • Wadah

Cara Membuat 

  1. Masukkan seluruh sampo ke dalam wadah yang telah disediakan.
  2. Aduk-aduk terus dalam waktu yang cukup lama hingga berbuih, mengental dan berubah menjadi warna putih.
  3. Kemudian tutup adonan slime tersebut, masukkan ke dalam freezer selama 1 jam.
  4. Setelah mencapai 1 jam, keluarkan adonan slime kemudian aduk-aduk kembali hingga lentur dan tidak lama dari sana slime siap digunakan.

2. Cara Membuat Slime dengan 2 Bahan

Cara Membuat Slime dengan 2 Bahan- JD.ID
Source: Detik.com

Kali ini, Sahabat JD akan diajak untuk membuat slime menggunakan dua bahan. Adapun bahan yang digunakan yakni tepung kanji atau tepung tapioka dan sunlight. Nah dilansir dari Channel YouTube Arum Miranti yang sudah ditonton oleh 954 ribu views, berikut bahan dan cara membuatnya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

  • Mangkuk atau wadah
  • Sodet atau spatula kue untuk pengaduk
  • Tepung kanji secukupnya
  • Sunlight secukupnya

Cara Membuat

  1. Masukkan sunlight secukupnya ke dalam wadah.
  2. Kemudian tambahkan juga tepung kanji secara perlahan sedikit demi sedikit untuk mendapatakan tekstur slime yang diinginkan. Jika tekstur masih lengket, terus tambahkan tepung kanji sedikit demi sedikit.
  3. Nantinya untuk memastikan tekstur yang diinginkan kamu bisa menarik slime tersebut, apabila teksturnya merenggang maka slime siap untuk digunakan.

Baca juga: Sederet Mainan Anak 3 Tahun yang Edukatif, Yuk Intip!

3. Cara Membuat Slime Silky Puding

Cara Membuat Slime Silky Puding
Source: Youtube Channel Riya Yaya Riya

Tutorial ketiga cara membuat slime ini dikutip dari Channel YouTube Ria Yaya Riya yang mana videonya sudah ditonton oleh 18 juta views.

Adapun perbedaan tutorial ini di banding tutorial lainnya yaitu terletak pada bahan-bahan yang digunakan salah satunya menggunakan slime actSlime act adalah bahan yang dipakai untuk membantu campuran slime berhasil untuk dibuat. Langsung saja kita simak.

Bahan-bahan yang dibutuhkan 

  • Slime Act secukupnya
  • Gliseril
  • Clear Glue
  • Lem Fox Putih
  • Air putih kran
  • Mangkuk
  • Sendok takar dan pengaduk
  • Essence makanan

Cara Membuat

  1. Masukkan cairan clear glue secukupnya sesuai keinginan.
  2. Tambahkan juga lem fox putih beserta dengan air putih.
  3. Kemudian masukkan juga gliseril setengah dari takarannya.
  4. Masukkan essence secukupnya lalu aduk hingga rata sampai teksturnya cair dan seperti susu
  5. Setelah itu sambil masih diaduk tambahkan slime act ke dalam mangkuk sedikit demi sedikit agar adonan slime menjadi lebih sedikit mengeras. Oleh karena itu, atur slime act sedemikian rupa sesuai tekstur yang diinginkan.
  6. Jika sudah mendapatkan tekstur yang diinginkan, tinggal kamu tambahkan pewarna makanan sesuai yang diinginkan. Lalu pastikan warna tercampur merata dengan slime.

Itulah tiga cara membuat slime yang mudah dan bisa kamu praktikkan. Dengan berkreasi membuat slime tersebut dengan Si Kecil ini bisa mengisi waktu ngabuburit lebih bermakna. Apalagi Si Kecil juga bisa belajar tentang tekstur slime sekaligus warna yang bisa kamu ajarkan.

Promo Game JD.ID

Adapun jika kamu tidak dapat membuat slime bersama, kamu bisa kok membeli produk slime terbaik di JD.ID. Tersedia berbagai macam slime yang bisa dibeli dengan kualitas produk terbaik dan aman dimainkan oleh anak kecil.

JD.ID juga menyediakan beragam mainan edukatif lainnya yang bisa kamu beli, seperti mainan blok, Lego, buku cerita (dongeng) atau pun buku pelajaran untuk berhitung hingga membaca. Dengan membeli di JD.ID kamu bisa mendapatkan harga termurah dengan proses pengiriman yang cepat!

Yuk cobain belanja di JD.ID sekarang!