5 Mainan Jaman Dulu Paling Populer, Yuk Nostalgia!

0
1758
5 Mainan Jaman Dulu Paling Populer, Yuk Nostalgia!
Foto: keluargacaplang.com

Bicara soal mainan jaman dulu, sebagian besar anak 90an pasti tahu apa saja mainan yang populer di masa itu. Pasalnya, hampir setiap jenis permainan dimainkan secara berkelompok.

Salah satu contohnya, yaitu bola bekel. Walaupun bisa dimainkan sendiri, namun akan lebih seru jika dimainkan bersama teman-teman, setidaknya minimal dua orang.

Mengapa demikian? Karena dengan memainkannya bersama-sama, jalannya permainan akan jauh lebih seru, dan tentunya meningkatkan keakraban antar pemain.

Apalagi, bermain mainan jaman dulu sebenarnya membawa banyak manfaat, di antaranya yaitu membangun rasa percaya diri, melatih konsentrasi dan ketangkasan seluruh anggota tubuh, serta melatih kemampuan kerja sama dengan orang lain.

Nah jika kamu penasaran ingin mencoba, atau ingin bernostalgia dengan mainan-mainan jaman dulu, pada artikel kali ini akan dibahas beberapa daftarnya, yang akan diulas secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Daftar Mainan Jaman Dulu Paling Populer

Dari sekian banyak jenis mainan masa kecil yang ada, ternyata lima di antaranya menjadi permainan paling populer hingga saat ini, karena masih banyak dimainkan oleh anak-anak masa kini.

Lantas, apa saja lima daftar mainan tersebut? Daripada penasaran, di bawah ini akan diuraikan langsung informasi lengkapnya sebagai berikut.

1. Engklek

Engklek
Foto: inibaru.id

Mainan pertama yang wajib kamu coba, yaitu engklek. Ya, dikenal juga dengan nama kotak sembilan, permainan ini tidak membutuhkan peralatan bermain yang sulit. Sebab, yang kamu butuhkan hanya genting tanah liat atau uang koin.

Namun, untuk memulai permainan kamu perlu membuat garis kotak terlebih dahulu, sebanyak Sembilan kotak di tanah yang rata. Setelah itu, kamu tinggal melemparkan uang koin atau pecahan genting tadi ke dalam kotak pertama.

Jika sudah, kamu bisa langsung memulai permainan mengikuti aturan yang ada bersama teman. Bagaimana, cukup mudah bukan untuk memulainya?

Terlebih, permainan ini membawa banyak manfaat untuk kamu, seperti melatih keseimbangan, mengembangkan kecerdasan intelektual, mengembangkan kecerdasan emosi dan kreativitas, serta melatih kemampuan bersosialisasi.

2. Ketapel

Ketapel

Selain engklek, ada juga ketapel yang bisa kamu mainkan bersama teman. Hal itu tak lain karena, permainan yang lebih banyak dimainkan oleh anak laki-laki ini, bisa dipakai untuk menembak burung yang sedang membuat sangkar di pohon, atau sasaran tertentu lainnya seperti buah.

Kamu bisa menggunakan mainan ini dengan cara meletakkan batu atau kerikil di karet pegas, lalu menariknya semaksimal mungkin, sampai batu atau kerikil tersebut terlempar dan menembak target sasaran.

Buat kamu yang belum tahu seperti apa bentuk ketapel, sejatinya mainan ini terdiri dari tiga komponen, yaitu gagang ketapel, alas dan karet. Biasanya, gagang ini terbuat dari bahan kayu bercabang yang berbentuk huruf Y.

3. Gasing

Gasing

Siapa sih di antara kamu yang masih asing dengan mainan gasing? Sepertinya sangat jarang, mengingat mainan ini cukup populer di masanya.

Apalagi, mainan ini juga sering dimainkan anak-anak di jam istirahat sekolah atau pulang sekolah. Kamu cukup mencari tanah yang lapang, untuk bisa memainkan permainan ini.

Di jaman dulu, gasing terbuat dari kayu atau bambu yang dimainkan dengan cara diputar menggunakan tali. Agar lebih seru, gasing bisa dimainkan bersama teman untuk diadu. Siapa yang berputar paling lama, maka ia pemenangnya.

Adapun manfaat yang didapat dari bermain gasing, yaitu melatih keterampilan tangan anak, meningkatkan jiwa kompetitif, sekaligus melatih diri agar menjadi pribadi yang sportif.

4. Yoyo

yoyo

Mainan jaman dulu atau mainan tradisional keempat yang patut kamu coba, yaitu yoyo. Mampu mengasah keterampilan otak kiri dan kanan, yoyo dimainkan dengan cara mengaitkan ujung bebas tali pada jari tengah, lalu pegang yoyo dengan erat, dan lemparkan ke bawah dengan gerakan mulus.

Ketika tali terulur pada sumbu, efek giroskopik pun terjadi, sehingga ada beberapa waktu yang bisa kamu gunakan untuk melakukan beberapa gerakan.

Nah selama bermain, ternyata ada empat aktivitas yang dilibatkan, yaitu konsentrasi, koordinasi tangan dan mata, kreativitas, serta ketangkasan tubuh.

Maka dari itu, jangan heran apabila yoyo disebut sebagai permainan yang susah-susah gampang untuk dimainkan, karena melibatkan empat aktivitas yang harus dilakukan dalam satu waktu.

5. Layang-layang

layang-layang

Terakhir, yaitu layang-layang. Mainan jaman dulu yang juga populer di kalangan anak-anak, remaja dan orang tua ini, ternyata masih banyak dimainkan saat ini.

Ya, meskipun terbuat dari kertas dan kerangka kayu tipis, yang dikaitkan dengan senar agar bisa diterbangkan ke udara, layang-layang biasanya dimainkan di lahan yang luas atau di pantai.

Uniknya, mainan ini tidak hanya berbentuk belah ketupat saja, namun ada beragam bentuk yang bisa kamu buat sendiri, atau bahkan beli sesuai keinginan dan selera.

Seperti contohnya bentuk kupu-kupu, burung, dan lain sebagainya dengan ukuran yang bervariasi, mulai dari kecil hingga besar.

Itulah beberapa daftar mainan jaman dulu, yang sudah kamu ketahui informasinya secara lengkap di pembahasan sebelumnya. Bagaimana, apakah satu di antaranya ada yang membuat kamu penasaran dan tertarik untuk memainkannya lagi?

Atau justru kamu belum pernah memainkannya, dan baru ingin mencobanya sekarang? Kalau begitu, hal pertama yang perlu kamu lakukan, yaitu membeli mainannya terlebih dahulu.

Tetapi agar lebih mudah, kamu bisa membeli sejumlah mainan tradisional dan klasik tersebut secara online, salah satunya melalui e-commerce terbaik dan terpercaya, yaitu JD.ID.

Karena di sini, produk yang dijual lengkap dan beragam, sehingga kamu bisa memilihnya sesuai keinginan, kebutuhan dan budget yang ada.

Kemudian jika ingin lebih hemat, kamu bisa menggunakan sejumlah promo yang tersedia, seperti diskon, cashback, gratis ongkir, cicilan nol persen, atau promo PHP (Pesta Hobi Sepekan) yang bisa kamu nikmati dalam bentuk belanja mulai Rp22 ribu, dan ekstra diskon hingga 22 persen!

Bagaimana, sangat menarik untuk dicoba, bukan? Yuk, mulai gunakan promo PHP yang berlaku sejak 16 – 21 Februari 2022, untuk membeli mainan di JD.ID yang pastinya #DijaminORI.

Jadi, tunggu apalagi? Buruan beli sekarang dan bayar pakai metode yang diinginkan sebelum kehabisan!