5 Permainan Tradisional Ini Populer di Tahun 90an, Apa Saja?

0
1683
5 Permainan Tradisional Ini Populer di Tahun 90an, Apa Saja?
Foto: popbela.com

Permainan tradisional adalah sebutan untuk jenis permainan turun temurun dari nenek moyang, yang biasanya dimainkan oleh anak-anak.

Nah, permainan ini pun kerap didefinisikan sebagai warisan budaya Indonesia, yang mengandung berbagai unsur dan nilai yang memiliki manfaat besar untuk yang memainkannya.

Adapun manfaat yang dimaksud tersebut, antara lain menstimulasi perkembangan aspek motorik anak, seperti daya tahan, daya lentur, sensorimotorik, motorik kasar, dan motorik halus.

Tak hanya itu, mainan ini juga mampu mengembangkan aspek kognitif anak, aspek emosi, bahasa, sosial, spiritual, ekologis, serta nilai-nilai moral yang diwariskan dari generasi terdahulu ke generasi-generasi selanjutnya.

Maka dari itu, jangan heran apabila jenis permainan ini disebut sebagai warisan budaya, karena keberadaannya memang harus dijaga sebaik mungkin untuk anak cucu mendatang.

Apalagi, sebagian besar permainan ini cukup populer di masyarakat pada tahun 90an. Lantas, apa saja permainan-permainan tersebut? Daripada penasaran, pada kesempatan kali ini akan diulas lengkap sejumlah daftarnya khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

5 Permainan Tradisional yang Populer di Tahun 90an

Dari sekian banyak permainan klasik, kamu tahu tidak sih kalau beberapa di antaranya sempat populer di tahun 90an? Kalau belum, di bawah ini telah dirangkum lima permainan tradisional yang populer di tahun itu, yaitu:

1. Congklak

congklak
Foto: orami.co.id

Siapa sih di antara kamu yang tidak tahu permainan ini? Ya, congklak merupakan permainan yang membutuhkan dua orang pemain, serta sebuah papan dan biji congklak yang biasanya berbentuk cangkang kerang.

Untuk bisa memulai permainan, pertama kamu harus mengisi semua bulatan yang ada pada papan congklak, menggunakan biji berjumlah sama. Setelah itu, tentukan siapa yang akan bermain duluan, dengan cara suit agar hasilnya adil.

Jika sudah diketahui siapa yang akan memulai permainan, maka kamu bisa langsung memulainya dan mengatur strategi pribadi untuk menang. Bagaimana, sangat mudah, bukan?

2. Kelereng

kelereng
Foto: kumparan.com

Selain congklak, anak-anak tahun 90an juga populer dengan permainan kelereng. Hal itu tak lain karena, permainan yang juga disebut dengan “gundu” ini dimainkan menggunakan bola kaca warna-warni, yang akan ditembak menggunakan kelereng gacon sampai ada yang keluar garis.

Mungkin terkesan mudah, namun ada aturan yang perlu kamu ketahui dan lakukan. Pertama, kamu harus menemukan medan yang cukup datar untuk bermain kelereng. Kedua, membuat lingkaran yang digambar menggunakan kapur putih.

Setelah itu, letakkan sejumlah kelereng dalam lingkaran tersebut sesuai dengan kesepakatan para pemain. Jika sudah, permainan bisa langsung dimulai dengan cara menembakkan kelereng-kelereng yang sudah disusun di dalam lingkaran, menggunakan kelereng gacon.

3. Bola Bekel

bola bekel
Foto: ibudanbalita.com

Menjadi bagian dari permainan tradisional yang populer di tahun 90an, bola bekel nyatanya memiliki tempat tersendiri di hati anak-anak perempuan.

Bagaimana tidak, permainan ini pasalnya bisa dimainkan di dalam ruangan bersama teman atau keluarga. Selain itu, permainan ini juga membutuhkan kecepatan tangan untuk membalik biji bekel sebelum bola jatuh lagi ke tangan.

4. Ular Naga

ular naga
Foto: keluargacaplang.com

Permainan klasik lainnya yang seru dimainkan, yaitu ular naga. Permainan ini memang dimainkan secara berkelompok, namun dibutuhkan dua orang berbadan tinggi yang akan berperan sebagai gerbang.

Sementara, pemain lainnya akan berjejer sambil berpegangan pada pundak atau baju teman di depannya, lalu bergerak melingkar dan melewati gerbang tersebut.

Menariknya lagi, anak yang menempati posisi paling depan berperan sebagai induk, yang harus menjaga anak-anaknya dari tangkapan gerbang.

Sebab, selama permainan setiap anggota wajib menyanyikan sebuah lagu, yang dibagian akhirnya mengharuskan gerbang menentukan siapa orang yang akan ditangkap dan keluar dari rangkaian ular tersebut. Sangat seru untuk dimainkan, bukan?

5. Lompat Tali

lompat tali
Foto: orami.co.id

Permainan terakhir yang populer di kalangan anak-anak tahun 90an, yaitu lompat tali. Meski bisa dimainkan sendiri, namun akan lebih seru jika dimainkan bersama-sama, setidaknya oleh tiga orang pemain.

Jadi, dua orang akan bertugas memegang tali di sisi kanan dan kiri, sembari memutarnya karena akan dilompati oleh pemain ketiga atau pemain utama. Karena banyak dari gerakannya yang mengharuskanmu melompat, maka permainan ini lebih seru dimainkan di luar ruangan.

Daftar Permainan Tradisional Populer Lainnya

Dari lima daftar di atas, ternyata masih ada permainan tradisional yang populer dan belum disebutkan sebelumnya, yaitu katapel, petak umpet, engklek, laying-layang, boneka kertas bongkar pasang, egrang, gobak sodor, dan lain sebagainya.

Semua permainan itu pada dasarnya bisa dimainkan kapan saja dan oleh siapa saja. Namun sebelum itu, kamu harus membeli permainan dan sejumlah peralatan permainan tradisional terlebih dahulu.

Agar lebih mudah, kamu bisa membelinya secara online di JD.ID. Karena di sini, produk yang disediakan lengkap, sehingga kamu bisa memilihnya sesuai keinginan, kebutuhan dan budget yang ada.

Jika ingin lebih hemat, kamu bisa menggunakan sejumlah promo yang tersedia, seperti diskon, cashback, gratis ongkir, dan cicilan nol persen. Dengan begitu, kegiatan belanja jadi makin menyenangkan, terlebih produk-produk yang dijual sudah pasti #DijaminORI. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, beli sekarang sebelum kehabisan!