Begini Ternyata Cara Main Monopoli yang Benar Agar Seru

0
1637
Promo mainan & games-JD.ID

Bosan dengan kegiatan ngabuburit yang itu-itu saja? Kamu bisa kok bermain monopoli bersama teman-teman. Namun, sebelumnya agar permainanmu semakin seru sebaiknya ketahui dulu cara main monopoli yang benar supaya permainanmu semakin menyenangkan.

Permainan monopoli adalah permainan dengan media kertas berbentuk kotak persegi empat yang di dalamnya tersedia petak-petak berupa nama negara, kota, stasiun, penjara dan lain-lain, yang nantinya pemain yang menang harus menguasai semua petak tersebut dalam bentuk penyewaan, pembelian hingga pertukaran properti.

Nah, jika kamu termasuk pemain newbie agar permainanmu makin seru, yuk ketahui dulu beberapa hal penting dalam permainan monopoli berikut ini seperti yang dilansir dari Orami.co.id.

Baca juga: 5 Daftar Game Penghasil Uang Terpopuler, Apa Saja?

Persiapan yang Diperlukan dalam Bermain Monopoli

Persiapan yang Diperlukan dalam Bermain Monopoli- jd.id

Dalam satu set permainan monopoli ada beberapa hal yang akan kamu temukan, di antaranya:

  • 32 Rumah-rumahan yang berwarna hijau dan lengkap dengan 12 hotel berwarna merah
  • Masing-masing ada 1 kartu dana umum dan kesempatan
  • Papan permainan monopoli baik dari media papan atau kertas yang terdiri dari nama kota, negara, stasiun, penjara, serta fasilitas lainnya
  • 2 Dadu
  • Kartu untuk setiap kepemilikan dari masing-masing kota, negara, penjara, stasiun atau lain-lain
  • Uang yang digunakan sebagai modal bertransaksi baik untuk menyewa tempat (tanah) atau membelinya

Cara Main Monopoli  Agar Semakin Seru

Cara Main Monopoli  Agar Semakin Seru- jd.id
Source: Ajaib.co.id

Setelah mengetahui apa saja persiapan yang diperlukan untuk bermain monopoli, kini kamu bisa mengetahui tentang bagaimana aturan main monopoli ini melalui panduan berikut.

1. Aturan tentang pemain dan modal uang yang didapatkan

Setidaknya untuk membangun suasana permainan monopoli yang menyenangkan, kamu memerlukan pemain minimal 3 hingga 4 orang. Ini supaya permainan semakin seru dan menantang. Nantinya setiap pemain akan diberikan sebanyak:

  • 1 lembar uang $100.000
  • 1 lembar uang $50.000
  • 1 lembar uang $20.000
  • 1 lembar uang $10.000
  • 3 lembar uang $5.000
  • 3 lembar uang $1.000
  • 2 lembar uang $500
  • 3 lembar uang $200
  • 4 lembar uang $100

Uang ini digunakan untuk modal agar pemain bisa membeli kota, negara, stasiun atau pun untuk menyewa area kosong yang tersedia.

2. Kartu Dana Umum dan Kesempatan

Dalam beberapa kartu yang disediakan oleh monopoli, seiring permainan mungkin kamu akan mendapatkan kartu dana umum dan kesempatan. Apa artinya kartu tersebut? Kartu dana umum dan kesempatan biasanya berisi tentang petunjuk yang harus dilakukan oleh pemain.

Namun, jika kamu mendapatkan kartu bebas penjara di dalamnya maka kamu wajib menyimpan kartu ini. Sebab kartu ini bisa membantumu jika sewaktu-waktu kamu dipenjara karena berhenti di petak penjara.

3. Keluar dan Masuk ke penjara

Salah satu hal yang banyak dihindari dari permainan monopoli adalah ketika harus masuk penjara. Ini terjadi apabila pion yang kamu mainkan berhenti di petak penjara atau saat kamu mendapatkan kartu dana umum / kesempatan yang berisi agar kamu masuk penjara.

Namun, tenang kamu bisa menghindari situasi ini jika kamu memiliki kartu bebas penjara atau saat kamu bisa membayar denda sebanyak $50.

4. Cara main monopoli bila membeli area kota, negara atau fasilitas umum

Salah satu aturan main monopoli membolehkan pemain membeli atau menyewa kota, negara atau fasilitas umum lainnya apabila pion kamu berhenti di area yang tidak dimiliki oleh siapapun.

Nantinya kamu harus membayar sejumlah uang ke bank berdasarkan besaran yang tertulis di petak monopoli. Adapun keuntungan dari proses transaksi ini adalah ketika pemain lain menginjak area yang kamu miliki, mereka harus membayar denda sesuai besaran yang tertera di kartu kepemilikan properti.

5. Bayar Denda

Setiap pemain yang berhasil menyewa atau membeli suatu negara, kota atau fasilitas umum lainnya akan mendapatkan tanda kepemilikan berupa kartu. Di dalam kartu ini juga berisi denda yang harus dibayarkan pemain lain jika melewati negara atau kota yang dimiliki.

Tetapi, jika kamu tidak memiliki kartu ini kamu dibolehkan untuk berhutang ke bank dengan menggadaikan kota atau negara yang kamu miliki. Hasil dari proses gadai tersebut bisa diberikan kepada pemain yang dihutangkan.

Baca juga: 3 Cara Mudah Membuat Slime di Rumah Sambil Ngabuburit

6. Bebas Parkir

Dalam cara main monopoli juga, pion kamu mungkin berhenti di petak bebas parker atau free parking. Artinya adalah kamu bisa berhenti di area manapun yang kamu mau dan ini tidak dipungut denda apapun. Atau jika beruntung kamu bisa berhenti di area yang belum dimiliki untuk kemudian kamu beli area tersebut.

7. Menjual atau menggadaikan area yang dimiliki

Salah satu strategi monopoli adalah pemain bebas menjual atau menggadaikan area yang dimiliki. Umumnya pemain bisa menjual area ke sesama pemain sesuai harga yang disepakati. Sementara itu, jika ingin digadaikan bisa dilakukan ke bank di mana nantinya kamu mendapat sejumlah uang sesuai dengan nominal yang tertera di kartu kepemilikan.

8. Menang dan kalah

Adapun aturan main untuk menentukan siapa yang menang adalah ketika salah satu pemain memiliki lebih banyak area berupa kota, negara atau fasilitas umum. Pemain tersebut juga mendapatkan banyak uang dari denda yang diterima dari pemain lain.

Sementara pemain yang kalah adalah pemain yang sudah tidak memiliki uang, berhutang kepada bank serta pemain lain. Pemain bisa mengakhiri permainan dengan menyerahkan semua yang dimiliki kepada pemain yang dihutangkan atau kepada bank.

9. Dapat $20 ribu saat start

Bagaimana apakah sudah mengerti tentang aturan main monopoli ini? Jika iya, langsung saja bermain monopoli bersama teman-temanmu sebab permainan akan dimulai di garis start. Di mana setiap pemain yang berhasil melewati garis start ini akan mendapatkan uang senilai $20 dari bank.

Bagaimana tertarik untuk mencoba permainan monopoli ini? Yuk segera mainkan untuk mengisi waktu ngabuburit agar semakin seru!

Promo mainan & games- JD.ID

Adapun jika kamu belum memilikinya dan berniat untuk membeli permainan ini, kamu bisa dengan mudah mendapatkan papan monopoli di platform JD.ID. Di sini tersedia berbagai mainan & gaming yang menarik untuk kamu pilih. Mulai dari permainan monopoli, kartu, puzzle, boneka, perlengkapan gaming, Nintendo, LEGO, action figures, mainan ular tangga dan sebagainya.

Dengan membeli produknya di JD.ID kamu akan mendapatkan harga permainan yang lebih murah karena JD.ID memberikan berbagai promo yang menarik melalui voucher hingga diskon yang disediakan. Jadi, tunggu apalagi? Segera beli permainan yang kamu sukai di JD.ID #DijaminOri.