Cara Main Kartu UNO dan Aturan Mainnya Bagi Pemula!

0
643
Cara Main Kartu UNO dan Aturan Mainnya Bagi Pemula!- JD.ID
Source: Kreditpintar.com

Bagi kamu yang penasaran tentang cara main kartu UNO, kamu bisa menemukan tutorial ini sebagai panduannya. Sebagaimana kita tahu bahwa permainan kartu UNO menjadi salah satu alternatif games yang banyak dilakukan saat nongkrong bersama teman.

Dengan bermain UNO, kamu bisa menghabiskan waktu yang lebih seru apalagi jika diselingi dengan tantangan tentu akan membuat suasana lebih ramai dan hidup. Tanpa berlama-lama lagi berikut ini, tutorial mudah cara bermain UNO yang bisa kamu praktikkan bersama, yuk kita simak!

Baca juga: Begini Ternyata Cara Main Monopoli yang Benar Agar Seru

Kenalan dengan Jenis-jenis Kartu UNO

Kenalan dengan Jenis-jenis Kartu UNO-JD.ID
Source: Mujiyaulkhaq.wordpress.com

Kartu UNO datang dari Spanyol yang memiliki arti ‘satu’. Walaupun begitu kartu ini memiliki jumlah yang banyak, sekitar 76 buah dengan warna yang beragam mulai dari merah, kuning, hijau dan biru. Sejak pertama kali diperkenalkan pada 1971 oleh Merle Robbins, kartu ini memiliki beberapa jenis kartu khusus yang terdiri dari:

  • Kartu skip, memiliki bentuk seperti huruf O yang dicoret. Arti dari kartu ini adalah untuk melewati giliran pemain berikutnya. Jadi saat kamu memiliki kartu ini dan mengeluarkannya, pemain yang ada di sebelahmu bisa terlewat ke pemain di sebelahnya lagi karena kartu ini.
  • Kartu reverse, ditandai dengan simbol kartu arah yang saling berlawanan. Maksud dari keberadaan kartu ini adalah untuk mengubah arah permainan. Contoh, tadinya permainan searah jarum jam kemudian berbalik arah dan bisa mengubah keberuntunganmu dalam bermain.
  • Kartu draw +2 disimbolkan dengan angka +2 yang artinya memaksa pemain berikutnya untuk mengambil 2 kartu dari deck dengan warna yang sama seperti kartu yang dimunculkan. Kartu ini bisa dihindari jika pemain di sampingnya memiliki kartu yang sama yakni +2 juga.
  • Kartu draw +4 dengan simbol +4 dengan warna kartu hijau, kuning, biru dan merah. Maksud dari adanya kartu UNO ini adalah untuk menyerang pemain lain mengambil 4 kartu sekaligus dengan warna yang bebas.
  • Kartu Wild, memungkinkan pemain untuk bermain dengan warna dan nomor berapa pun.

Sisa kartu lainnya berupa kartu yang berisi angka dan warna yang berbeda-beda yang terdiri dari warna kuning, merah, hijau dan biru.

Perhatikan Cara Main Kartu Uno

Perhatikan Cara Main Kartu Uno-JD.ID
Source:Main-main.id

Dengan mengetahui jenis kartu UNO dan maksud di dalamnya ini akan memudahkan kamu dalam bermain kartu UNO bersama teman-teman.

Namun sebelum membahas lebih jauh seputaran bagaimana cara main UNO card, info penting lainnya juga perlu kamu ketahui sebagai berikut.

Aturan Permainan Kartu UNO

  • Pemenang adalah mereka yang bisa menghabiskan kartunya dengan cepat selama permainan berlangsung.
  • Pemain yang tersisa memiliki 1 kartu, harus cepat-cepat mengucapkan ‘UNO’ untuk menjadi pengingat diri sendiri atau orang lain. Jika di dahului oleh pemain lain yang mengucapkan kata ‘UNO’ maka kamu harus mengambil 7 kartu lagi seperti awal permainan berlangsung.
  • Kekuatan dari kartu draw +2 dapat hilang jika kamu memiliki kartu draw +4.
  • Pola permainan bisa dimulai dari arah kiri ke kanan atau dari kanan ke kiri.

Baca juga: 5 Boneka Seram di Dunia, No 3 Paling Aneh dan Tragis

Cara Main Kartu UNO Bersama Teman

  1. Langkah pertama kocok kartu UNO terlebih dahulu agar kartu tidak tersebar secara merata dan untuk menghindari kecurangan.
  2. Bagikan 7 kartu UNO kepada setiap pemain lalu simpan sisa kartu di tengah-tengah deck agar mudah diambil oleh pemain lain.
  3. Untuk awalan, pemain pertama harus mengambil kartu dari deck yang nantinya menjadi kartu penentu bagi pemain lainnya. Kemudian keluarkan kartu tersebut agar pemain mengetahuinya dan simpan di tengah.
  4. Selanjutnya cara bermain UNO adalah dengan mengeluarkan kartu dengan angka atau warna yang sama. Contoh kartu di buang pemain lain adalah warna merah 4, nah kamu bisa mengeluarkan kartu dengan no 4 dari semua jenis warna atau mengeluarkan kartu yang memiliki warna merah yang sama meski angkanya berbeda.
  5. Jika tidak ada yang sama antara warna, simbol atau angkanya maka kamu harus mengambil kartu simpanan baru di tengah deck.
  6. Sewaktu-waktu jika diperlukan kamu bisa mengeluarkan senjata kartu yang terdiri dari draw +2 atau draw +4 yang membuat pemain lain mengambil sesuai nomor draw yang muncul. Atau kamu juga bisa mengeluarkan kartu reverse dan kartu

Sampai di sini begitulah kira-kira garis besar cara main kartu UNO, mudah bukan? Bila diperhatikan sekilas cara mainnya mirip dengan kartu gaple. Tentunya dengan bermain ini bersama teman bisa jauh lebih seru dan menghidupkan suasana.

Nah berbicara tentang media permainan, kamu juga bisa nih mengoleksi kartu UNO bila kartumu sudah lusuh atau membeli media permainan UNO Stacko juga hanya dengan berbelanja di JD.ID. Di sini tersedia beragam permainan anak kecil hingga orang dewasa yang mungkin diperlukan.

Harganya murah dan pengirimannya juga cepat serta GRATIS Ongkir. Jadi, tunggu apalagi? Yuk segera beli permainan kartu UNO hanya di JD.ID sekarang juga!