Cerita Dongeng Disney Ternyata Sangat Miris, Simak Faktanya!

0
3849
Cerita Dongeng Disney Ternyata Sangat Miris, Simak Faktanya!
Source: WDW

Berbagai cerita dongeng Disney tentunya sudah tak asing lagi untuk kalian. Lantaran saat kita kecil cerita tersebut memang diberikan oleh orang tua sebagai edukasi. Mulai dari Cinderella, Beauty and The Beast, Sleeping Beauty, hingga Winnie The Pooh semua ceritanya sudah melekat dikepala kita bukan?

Cerita yang sangat klasik dan sederhana ini memang banyak mengarjarkan kita banyak hal. Misalnya untuk tetap sabar, melatih percaya diri, berani, hadapi masalah yang ada, dan lain sebagainya. Namun siapa sangka, rupanya dongeng ini diambil dari kisah nyata serta memiliki alur kelam dan berbeda dari yang kamu tonton.

Ada banyak fun fact yang bisa kamu ketahui secara degail mengenai cerita dongeng Disney ini. Ingin tahu apa saja itu? Mari kita telusuri lebih lanjut.

Fun Fact Cerita Kelam dibalik Dongeng Disney

Pertama-tama kita cari tahu dahulu mengenai cerita dongeng para Princess Disney yang sangat populer ini. Memang tak banyak yang tahu mengenai kisah nyata para putri, tapi sebentar lagi kamu akan mengetahuinya.

Baca Juga: Boneka Seram di Dunia yang Harus Kamu Tahu!

1. Kisah Cinderella dengan Sepatu Kaca

Cinderella dengan Sepatu Kaca
Source: Disney Princess

Jika di cerita dongeng Disney yang kita tahu Cinderella menggunakan sepatu kaca, pada kenyataannya Cinderella menggunakan sepatu emas. Tak hanya itu, saudara tiri Cinderella juga berusaha untuk memotong jari kakinya agar bisa muat memasuki sepatu tersebut.

Meski pada akhirnya rencana tersebut gagal, ibu tiri tak kehabisan akal. Selama pesta pernikahan saudara tiri Cinderella berusaha untuk menghoda pangeran. Akibat kesal, burung pun mematuk mata mereka dan memakannya selama pesta berlangsung.

2. Aurora si Sleeping Beauty

Aurora si Sleeping Beauty
Source: Disney Princess

Aurora merupakan putri kerajaan yang terkena kutukan untuk tidur selamanya. Di dongeng diceritakan ia bangun karena dicium oleh cinta sejatinya yakni seorang pangeran tampan.

Kisah asli dari cerita ini rupanya cukup tragis, dimana bukan pangeran melainkan sang raja yang sudah beristri meniduri Aurora hingga hamil saat tertidur. Aurora pun melahirkan dalam keadaan tertidur.

Saat anak-anaknya merasa lapar, salah satu dari mereka telah menghisap jari Aurora yang akhirnya jarum di dalamnya dapat keluar. Sesampainya di istana, istri sang raja berusaha membunuh Aurora, tapi raja menghentikannya. Raja pun membunuh sang istri agar dapat hodup bersama Aurora. Tak sampai situ saja, raja juga berusaha memakan anak-anak Aurora.

3. Cerita Dongeng Snow White

Cerita Dongeng Snow White
Source: Disney Princess

Cerita ini diambil berdasarkan kisah hidup Margarete von Waldeck, putri Philip IV. Margarete di paksa oleh ibu tirinya untuk pindah ke Brussel. Sesampainya disana, ia bertemu Phillip II dari Spanyol dan saling jatuh cinta. Namun karena urusan politik mereka tak direstui.

Akhirnya sang putri pun meninggal secara misterius saat berumur 21 tahun. Menurut sejarah Raja Spanyol menentang kisah romansa mereka dan telah mengirim agen untuk membunuh Margarate.

Sedangkan tujuh kurcaci yag ada sebenarnya merupakan penggambaran anak-anak yang menjadi budak di tambang tembaga milik ayah Margarete. Tumbuh kembang badan mereka pun terhambat akibat kekurangan gizi sehingga mereka menjadi cacat.

Baca Juga: Marak POP IT, Sebenarnya Mainan Apa Itu?

4. Rapunzel yang Tinggal di Menara 

Rapunzel yang Tinggal di Menara
Source: Youtube

Pada kisah yang sebenarnya yakni Rapunzel tidak pernah melihat pria selama hidupnya di menara. Sehingga saat pangeran mengunjungi menara tersebut, ia merayunya dan menghamili Rapunzel. Pangeran pun meninggalkan Rapunzel dan berkeliaran di hutan dengan mata yang buta. Rapunzel juga melahirkan anak yang kembar sendirian.

5. Mulan Pergi Berperang 

Mulan Pergi Berperang
Source: Reelrundown

Konon Mulan menyamar sebagai pria untuk pergi berperang demi membela tanah airnya. Namun tak seperti pada cerita dongeng Disney, pada kenyataannya negara yang ia perjuangkan kalah saat berperang. Ketika ia pulang ayahnya telah meninggal dunia serta ibunya menikah agi. Akibat sedih yang mendalam, ia pun memutuskan untuk bunuh diri.

6. Kisah Mowgli pada Film The Jungle Book

Kisah Mowgli pada Film The Jungle Book
Source: IMBD

The Jungle Book sangat terkenal sejak dahulu. Namun Cerita sebenarnya nama asli dari Mowgli yakni Dina Sanichar. Ia telah dibesarkan dan ditemukan oleh para pemburu bersama sekawanan serigala.

Para pemburu ini pun menyelamatkan anak tersebut dengan membakar goa serigala terlebih dahulu. Setelah mereka semua keluar, sang pemburu pun membunuh semua serigala dan menyelamatkan Dina Sanichar.

7. Winne The Pooh dan Christoper Robin 

Winne The Pooh dan Christoper Robin 
Source: D23

Beruang lucu nan menggemaskan ini rupanya selalu menjadi sorotan anak-anak. Winnie the Pooh merupakan suatu karakter beruang fiksi yang memiliki banyak teman mulai dari Piglet, Tiger, Rabbit, Kanga, Eeyore, dan juga teman manusianya yakni Robin.

Akap tetapi rupanya kisah Christopher Robin seaslinya cukup naas. Sebenarnya ayah dari Robin – Milne sangat mengharapkan anak perempuan. Faktanya Milne sangat tak nyaman membesarkan anak lelakinya ini, sehingga ia pun memberikan boneka beruang pada Robin.

Sayangnya psikis Robinmulai terganggu akibat versi cerita fiktif bokapnya. Ia tak sanggup menghadapi ketenaran di usianya yang sangat dini. Menurut sumber yang tercatat Robin dirisak oleh teman-temannya akibat perilakunya yang feminin. Robin juga sanigat membenci ayahnya karena sang ayah hanya memanfaatkannya saja.

Pada akhirnya Robin meninggalkan boneka Winnie the Pooh dan kawan-kawannya. Tak hanya itu saja Robin juga telah menikahi sepupunya yakni Lesley de Selincourt. Sayangnya keturunannya pun menderita Cerebral Palsy.

Itulah 7 kisah nyata yang cukup kelam dan tragis pada cerita dongeng yang belum kita ketahui selama ini. Meski begitu semua cerita yang tersebar tentunya yang sudah mengalami revisi dan memang aman dan ditujukan khusus anak-anak.

Untuk semakin mendalami peran atau cerita yang ada, kamu bisa mengoleksi berbagai macam jenis boneka atau miniatur, stiker, hingga buku cerita. Demi mendapatkan harga yang lebih terjangkau dengan promo yang ada, kamu bisa membelinya di JD ID. Gak cuma itu aja ada juga layanan freeongkir ke seluruh Indonesia lho!