Ide Membuat Permainan Seru Bersama Keluarga Saat Pulang Kampung

0
307
Ide Membuat Permainan Seru Bersama Keluarga Saat Pulang Kampung- JD.ID
Source: Sahabat Nestle

Momen Lebaran adalah saat yang pas berkumpul bersama keluarga. Umumnya pada momen ini, semua anggota keluarga hadir mulai dari anggota keluarga yang jauh hingga yang dekat. Nah momen kumpul ini akan sangat menyenangka bila diisi dengan permainan seru yang bisa dimainkan oleh semua anggota keluarga.

Dengan bermain bersama, ini bisa menghilangkan rasa bosan sekaligus menguatkan tali kekeluargaan saat berkumpul bersama. Nah jika kamu penasaran apa saja jenis permainan seru yang layak dimainkan bersama keluarga, simak daftarnya berikut ini.

Baca juga: 5 Permainan Tradisional Ini Populer di Tahun 90an, Apa Saja?

Membuat Momen Berkumpul Lebih Berkesan Lewat Permainan Seru

Membuat Momen Berkumpul Lebih Berkesan Lewat Permainan Seru- jd.id
Source: Situbisa.com

Jika anggota keluargamu di dominasi oleh ponakan-ponakan kecil, tentu ini akan sangat menyenangkan untuk melakukan permainan seru di rumah. Mereka akan belajar tentang ketangkasan, kreativitas, ketepatan dan sebagainya.

Oleh karena itu, game keluarga ini bisa dibuat seperti quiz yang mana anggota keluarga yang menang bisa mendapatkan ampau Lebaran. Yuk cobain satu persatu!

1. ABC 5 Dasar

Beberapa permainan seru yang cocok dimainkan bersama keluarga merupakan permainan yang sebelumnya pernah hits di masa Zadul (Zaman Dulu). Salah satu contohnya adalah ABC 5 Dasar.

Ini merupakan permainan yang memerlukan wawasan luas, sebab pemain harus menyebutkan salah satu nama kota, buah, negara atau benda. Kemudian nantinya pemain lain harus mencari apa yang disepakati (kota, buah, negara atau benda) yang memiliki huruf pertama sama dengan huruf terakhir yang disebutkan tadi.

Sebagai contoh, jika nenek menyebutkan negara ‘Inggris’ maka kamu harus menyebutkan negara dengan awalan huruf S seperti Spanyol atau Singapura.

2. Permainan Petak Umpet

Umumnya orang tua di kampung memiliki rumah yang cukup luas untuk ditinggali. Hal ini tentu akan membuat anak kecil leluasa memainkan permainan petak umpet.

Permainan ini merupakan permainan tradisional, yang dimainkan dengan cara menutup mata sambil berhitung. Kemudian pemain lainnya harus bersembunyi supaya sulit ditemukan. Agar menang pemain yang berhitung tadi, harus bisa menemukan teman yang bersembunyi tersebut.

Games ini sangat seru bila dimainkan oleh lebih dari 3 orang bersama anggota keluarga lainnya. Kamu bisa mencoba bermain dengan kakek, nenek hingga keponakan.

3. Bermain Monopoli

Ini merupakan permainan papan kertas yang bisa dimainkan oleh maksimal 4 orang. Tujuan dari permainan ini adalah untuk menjadi pemain ‘kaya’ memiliki banyak negara atau kota yang disewakan. Sehingga saat bidak lain menginjak tempatmu, kamu akan menerima sejumlah uang ganti rugi.

Tidak hanya itu, dalam permainan ini juga diajarkan tentang menaati aturan. Pasalnya mereka yang melanggar aturan akan di sanksi dengan penjara kurungan selama beberapa waktu.

Baca Juga: Begini Ternyata Cara Main Monopoli yang Benar Agar Seru

4. Permainan Seru Gobak Sodor

Permainan seru lainnya yang cocok dimainkan oleh banyak orang salah satunya adalah Gobak Sodor. Adapun tujuan adanya permainan ini adalah untuk menjaga benteng dari dua tim masing-masing.

Sebelum dimulai, kamu harus membuat garis persegi lalu bagi 2 kotak tersebut dengan garis vertical dan horizontal. Kamu bisa memulai permainan ini dengan cara suit atau hompimpa terlebih dahulu.

5. Tebak Gambar

Ini merupakan games yang menyenangkan lainnya untuk dimainkan bersama keluarga. Di sini semua anggota keluarga bisa berperan aktif.

Permainan tebak gambar melatih kreativitas terutama dalam hal menggambar sesuatu. Pasalnya pemain yang ditunjuk harus menggambarkan sesuatu bisa dari kategori binatang, buah atau benda. Sementara pemain lainnya mengitari pemain tersebut untuk menjawab gambar apa yang dibuat.

Mulai permainan ini dengan memutarkan pensil, kemudian lihat pensil mengarah kepada siapa.

6. Bermain Uno Stacko

Permainan Uno Stacko pasti menyenangkan. Apalagi jenis games ini bisa dimainkan oleh banyak orang.

Inti dari permainan ini melatih keseimbangan, konsentrasi, kreativitas dan kerja sama. Bagian paling seru dari permainan ini adalah para pemain harus mengambil secara perlahan-lahan bagian dari menara Uno secara bergantian agar tidak roboh.

Nantinya orang yang merobohkan menara tersebut bisa diberikan punishment dalam bentuk bernyanyi atau menari yang pasti menyenangkan.

Bagaimana apakah kamu mulai tertarik untuk membuat games serupa saat berkumpul ini? Dengan menciptakan permainan seru tersebut, tentunya menjadi hiburan tersendiri bagi Si Kecil dan keluarga. Bahkan bila perlu berikan jackpot atau hadiah bagi tiap pemenang.

Nah berbicara tentang permainan, jika kamu ingin membeli berbagai macam keperluan gaming untuk putra atau putrimu, dapatkan berbagai jenis permainan yang merangsang kecerdasan anak hanya di JD.ID.

Di sini tersedia berbagai permainan modern hingga tradisional yang bisa kamu pilih. Mulai dari permainan lego, catur, kartu uno, monopoli, robot hingga peralatan gaming yang lengkap. Membeli keperluan gaming tersebut di JD.ID kamu akan mendapatkan penawaran harga yang lebih murah.

Apalagi JD.ID juga memberikan diskon, voucher hingga cashback yang bisa kamu dapatkan dengan mudah. Jadi, yuk belanja di JD.ID sekarang juga!