Infografik: Lomba 17 Agustus yang Populer dan Filosofinya!

0
357
Lomba Agustusan
Source: Kompas

Perayaan Hari Ulang Tahun Indonesia selalu menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh semua kalangan masyarakat. Selain dapat mengenang perjuangan para pahlawan, HUT RI juga identik dengan kegiatan lomba 17 Agustus.

Soalnya, dengan berpartisipasi mengikuti berbagai perlombaan, kamu tidak hanya dapat merasakan atmosfer kemerdekaan tapi juga bisa meraih banyak hadiah. Bahkan, kamu juga bisa sekaligus menjalin hubungan baik dengan para tetangga.

Beberapa jenis perlombaan, seperti makan kerupuk, balap karung hingga panjat pinang menjadi serangkaian kegiatan yang selalu ramai diikuti oleh masyarakat setiap tahunnya.

Baca Juga: 5 Permainan Tradisional ini Populer di Tahun 90an, Apa Saja?

Tapi tahukah kamu filosofi dibalik kemeriahan lomba 17 Agustus? Pasalnya, beberapa perlombaan ternyata memiliki makna mendalam serta menggambarkan perjuangan para pahlawan ketika masa penjajahan.

Biar tidak penasaran, kamu bisa langsung simak ulasan lengkapnya melalui infografik di bawah ini.

Filosofi Lomba 17 Agustus yang Populer

Lomba 17 Agustus

Banyak sekali filosofi dibalik lomba 17 Agustus, mulai dari makna perjuangan, gotong royong, hingga pengaturan strategi tersirat dalam setiap perlombaan. Nah, agar lebih jelas yuk simak penjelasan berikut:

1. Panjat Pinang

Seperti yang kamu ketahui bahwa perlombaan panjat pinang merupakan salah satu kegiatan yang selalu ada di setiap perayaan lomba 17 Agustus. Cara bermainnya adalah para peserta harus memanjat batang pohon yang sudah di lumuri oli untuk mendapatkan hadiah di puncaknya.

Dibalik keseruannya, kegiatan tersebut ternyata dimaknai sebagai perjuangan para pahlawan yang bergotong royong untuk mendapatkan kemerdekaan bangsa Indonesia pada 17 Agustus 1945.

2. Lomba 17 Agustus: Balap Karung

Lomba balap karung biasanya sering ditemukan hampir di setiap daerah, dan kamu juga pasti sudah familiar bagaimana cara memainkannya.

Tapi ternyata, lomba balap karung menggambarkan kesulitan bangsa Indonesia untuk mendapatkan pakaian yang layak ketika masa penjajahan. Sehingga masyarakat harus menggunakan karung goni sebagai bahan sandang mereka.

3. Lomba Balap Kelereng

Balap kelereng menjadi salah satu lomba yang sering dimainkan ketika lomba 17 Agustus diadakan. Permainan ini cukup sederhana, kamu hanya perlu mencegah kelereng agar tidak jatuh hingga garis akhir.

Terlihat simple dan seru kan? Tetapi dibalik itu, permainan tersebut di gambarkan sebagai perjuangan para pahlawan dalam mengatur strategi untuk mendapatkan kemerdekaan.

Baca Juga: 5 Ide Lomba Agustusan yang Membuat Tubuh Lebih Aktif Bergerak

4. Lomba 17 Agustus: Tarik Tambang

Tarik tambang adalah jenis perlombaan yang membutuhkan kekuatan dan tenaga. Cara memainkannya sangat sederhana, kamu cukup menarik tim lawan hingga melewati batas yang sudah di tentukan.

Dibalik itu semua, Tarik tambang juga membutuhkan kekompakan serta solidaritas tim agar bisa menjatuhkan lawan. Sama halnya dengan perjuangan bangsa Indonesia yang saling bersatu dan kompak dalam melawan penjajah.

5. Lomba Makan Kerupuk

Cara memenangkan lomba ini cukup mudah, dimana kamu hanya perlu menghabiskan kerupuk yang tergantung tanpa bantuan tangan. Namun ternyata, lomba yang satu ini memiliki makna yang sangat mendalam.

Kerpuk dilambangkan sebagai makanan rakyat kecil ketika masa peperangan, dan rangkaian lomba tersebut menggambarkan sulitnya kondisi pangan yang di hadapi bangsa Indonesia pada masa peperangan.

Nah, itu dia beberapa lomba 17 Agustus yang memiliki makna untuk menggambarkan perjuangan para pahlawan kita untuk meraih kemerdekaan. Bagi kamu yang ingin memeriahkan kemerdekaan Indonesia yang ke-77, kamu bisa membeli semua perlengkapan lomba tersebut di JD.ID.

Bukan hanya produk yang #DijaminORI, kegiatan belanja di JD.ID terasa lebih menyenangkan karena selalu memberikan promo menarik mulai dari diskon hingga voucher belanja.

Tak hanya itu, pilihan metode pembayaran yang beragam mulai dari transfer antar bank, cicilan 0% hingga Cash On Delivery (COD) membuat segala transaksi jadi lebih mudah. Jangan sampai kelewatan dan belanja di JD.ID sekarang!