Penting! Game Anak Wajib Dibatasi, Ini Waktu yang Dibolehkan

0
850
Game Anak
Source: Freepik

Terdapat banyak jenis game anak yang dapat memberikan edukasi agar si kecil dapat lebih semangat belajar. Soalnya, tak bisa dipungkiri kalau usia satu hingga delapan tahun sang buah hati masih membutuhkan pengawasan langsung dari orangtua saat bermain gim.

Bahkan, di beberapa negara seperti Finlandia metode belajar anak yang tepat yaitu dengan bermain bersama orangtua. Hal tersebut terbilang efektif karena moms dapat lebih memahami sifat dan karakter sang buah hati terutama dalam bidang edukasi.

Sebagai contoh, saat anak memilih gitar kecil menjadi mainan favoritnya, dapat disimpulkan bahwa Ia memiliki ketertarikan di dunia kesenian. Begitu juga jika si kecil sangat excited bermain mobil-mobilan, berarti kecenderungannya terhadap otomotif cukup besar.

Lalu yang menjadi pertanyaan, apa saja game anak yang bisa mengedukasi sekaligus membuatnya bahagia? Selain itu, berapa aturan waktu yang dibutuhkan sang buah hati untuk bermain?

Baca Juga: Jenis Mainan untuk Meningkatkan Motorik Halus dan Kasar Anak

Benarkah Game Anak Hanya Boleh Dimainkan 2 Jam?

Benarkah Game Anak Hanya Boleh Dimainkan 2 Jam
Source: Sociolla

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Oxford University, Inggris anak disarankan maksimal bermain video game hanya satu jam dalam sehari. Sedangkan, The American Academy of Pediatrics menganjurkan para orangtua untuk membatasi game anak di perangkat elektronik tidak lebih dari dua jam setiap harinya.

Sebab, dunia anak adalah bermain dan mereka kerap kali lupa waktu saat enjoy dengan konsol game-nya. Bahkan, si kecil juga melewatkan waktu makan, mandi, dan belajar jika sudah berkutat dengan gim favoritnya.

Sebenarnya tidak ada salahnya jika mereka memiliki hobi main game karena hal tersebut dapat mengasah kemampuan motoriknya, seperti meningkatkan kreativitas, membentuk pola pikir strategis hingga membangun komunikasi yang baik dengan temannya.

Namun, jika anak terlalu lama bermain bisa memberikan dampak yang kurang baik untuk tumbuh kembangnya. Oleh karena itu, pentingnya orangtua selalu mengawasi dan memberikan game edukasi yang bisa membawa hal positif terutama dalam konteks belajar.

Tips Memilih Mainan Edukasi Anak yang Tepat

Tips Memilih Mainan Edukasi Anak yang Tepat
Source: Freepik

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa ayah dan bunda memiliki peran yang sangat besar dalam menunjang tumbuh kembang si kecil, termasuk dalam hal memilih game anak yang tepat dan beredukasi.

Soalnya, salah memberikan gim justru akan memberikan dampak buruk yang bisa dibawa hingga dewasa. Misalnya, si kecil terbiasa bermain video game dengan genre fighting, maka Ia dapat beranggapan kalau berkelahi merupakan hal yang wajar.

Agar hal tersebut tidak menjadi bumerang dan merugikan sang buah hati, orangtua wajib memilih game anak yang sesuai dengan usianya. Berikut diantaranya:

  • Gim bahasa. Bunda dapat memberikan video game yang terdapat banyak bahasa asing di dalamnya. Dengan begitu, si kecil akan terbiasa dengan kosa kata bahasa tersebut. 
  • Mainan pengetahuan umum. Orangtua bisa menghadiahkan game yang memiliki ilmu pengetahuan umum, seperti sejarah, tokoh besar hingga matematika. Kamu bisa berdiskusi dengan si kecil untuk membahas terkait game tersebut.
  • Permainan teka-teki. Diketahui kalau jenis game ini tidak hanya dapat melatih ketelitian anak, tetapi juga bisa mengasah kemampuan berpikir si kecil.
  • Game gaya hidup sehat. Beberapa gim, seperti gambar buah dan sayuran lucu dapat merangsang anak untuk mengonsumsi makanan sehat. Hal tersebut didapatkan karena mereka tersugesti bahwa buah dan sayur ada hal yang menyenangkan seperti game.

Baca Juga: Ternyata ini Mainan Edukasi Anak Terbaik

Rekomendasi Game Anak Perempuan dan Laki-Laki

Rekomendasi Game Anak Perempuan dan Laki-Laki
Source: Freepik

Setelah mengetahui tips memilih game anak yang tepat, bunda dan ayah bisa memberikan beberapa jenis mainan yang sesuai dengan tipe konsol game. Tak perlu khawatir, beberapa rekomendasi games di bawah mengandung unsur edukasi yang memang dibutuhkan si kecil.

Dengan memberikan permainan tersebut, kamu dapat lebih mudah mengawasi anak bermain gim di gadget, baik smartphone maupun laptop. Apa saja? Ini dia pilihannya.

Playstation Nintendo Xbox Game Offline
FIFA PacMan Zoo Tycoon LEGO
Stardew Valley Cooking Mama Calico  Block 
Overcooked Super Mario Party Disneyland Adventure Puzzle 
Minecraft  Animal Crossing Super Lucky’s Tale  Slime
Phogs Kirby and the Forgotten Land  Jurrasic World Evolution 2 Gitar Kecil
My Friend Peppa Pig Dora The Explorer  Game Anak Cars Drum Kecil 
Cars 3 1-2 Switch  Yooka-Laylee Barbie 
Scribblenauts Captain Toad: Treasure Tracker  A Hat in Time  Ular Tangga 
Snoopy’s Grand Adventure Summer in Mara  My Time at Portia  Balok Iqro 
Just Dance 2021 Legend of Zelda Ooblets Mewarnai dan Menggambar

Gimana bunda, sudah tahu kan sekarang gimana cara mengatur waktu dan apa saja game anak yang bisa kamu hadiahkan kepada si kecil? Untuk mendapatkan beragam mainan di atas, kamu bisa membelinya secara online di JD.ID.

Soalnya, selain lengkap semua produk yang dijual sudah #DijaminORI dan tentu saja aman. Kamu juga bisa menikmati berbagai macam promo menarik, seperti voucher belanja, cashback, hingga cicilan 0%. Yuk, belanja di JD.ID sekarang.