Sederet Mainan Anak 3 Tahun yang Edukatif, Yuk Intip!

0
839
Sederet Mainan Anak 3 Tahun yang Edukatif, Yuk Intip!
Foto: haibunda.com

Narasi yang berkembang di masyarakat tentang mainan anak 3 tahun ternyata tidak semuanya negatif, loh! Ada beberapa mainan yang justru menjadi media edukasi anak, yang baik untuk perkembangannya.

Adapun jenis-jenis mainan edukasi anak yang tersedia di pasaran saat ini sangat banyak. Kamu bisa membelinya jika ingin praktis, maupun membuatnya sendiri di rumah jika ingin menghemat pengeluaran.

Karena pada dasarnya, mainan edukasi anak dihadirkan untuk melatih dan mengembangkan kemampuan sensorik, motorik, daya kreativitas dan imajinasi anak.

Jadi, kamu tak harus selalu membelinya, karena beberapa jenis mainan bisa dibuat sendiri di rumah. Hanya saja, untuk bisa mendapatkan mainan yang tepat, kamu harus mencari tahu dulu sejumlah referensi dan rekomendasinya.

Maka dari itu, untuk memudahkanmu mengetahui referensi mainan anak 3 tahun, pada artikel kali ini akan diulas beberapa daftarnya, secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

5 Daftar Mainan Anak 3 Tahun

Bicara tentang daftar mainan anak 3 tahun, sebenarnya produk dan jenis yang dihadirkan sangat banyak. Namun untuk mempermudah kamu menentukan beberapa produk terbaik, di bawah ini telah dirangkum lima daftar di antaranya, yang terdiri dari:

1. Mainan Alat Musik

Mainan Alat Musik

Membahas soal mainan alat musik, kamu tahu tidak sih kalau mainan ini mampu meningkatkan kerja otak kanan anak. Sebab, melalui mainan ini anak bisa mengenal berbagai jenis bunyi tangga nada sederhana.

Selain itu menariknya, mainan ini juga bisa didapat dengan mudah, karena harga yang dibanderol untuk satu produknya cukup terjangkau.

Namun jika ingin lebih hemat, dan memastikan semua mainan yang diberikan kepada anak terbuat dari material yang aman, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah menggunakan barang-barang yang sudah tidak terpakai.

2. Puzzle

Puzzle

Selanjutnya ada puzzle. Mainan anak 3 tahun ini sejatinya sudah sangat populer di masyarakat, karena hadir dalam bentuk, ukuran, dan motif yang beragam.

Tak hanya itu, mainan ini pun bisa dimainkan oleh semua usia, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia sekalipun untuk melatih daya fokus dan konsentrasinya.

Tetapi untuk anak 3 tahun sendiri, mainan ini mampu melatih kemampuan motorik, kemampuan dalam memecahkan masalah, serta melatih rasa sabar dalam menyusun setiap potongan puzzle.

Maka dari itu, mainan ini sangat cocok untuk anak-anak, karena selain bermanfaat, mainan ini juga bisa dimainkan sendiri maupun berkelompok, dengan anggota keluarga atau teman agar semakin menyenangkan.

3. Pasir Mainan

Pasir Mainan
Foto: my-best.id

Pasir mainan bagi sebagian orang mungkin dianggap sebagai pasir kinetik. Padahal, mainan ini tak hanya berbentuk pasir kinetik saja, namun bisa berbentuk pasir pantai asli, yang bisa kamu berikan dan kenalkan kepada anak.

Apalagi untuk yang berusia tiga tahun, rata-rata mereka senang diajak bermain di luar ruangan. Ya, selain menyenangkan, hal itu juga bisa melatih kemampuan motorik halus dan kasar si kecil.

Bahkan menariknya, mengajak anak bermain pasir dapat meningkatkan daya imajinasi dan kreativitasnya. Sebab, mereka bisa membuat apa saja yang mereka pikirkan dan inginkan.

4. Builder Set

Builder Set
Foto: medcom.id

Mainan anak 3 tahun lainnya yang edukatif, yaitu builder set. Buat kamu yang belum tahu, ini adalah jenis mainan yang memungkinkan anak bebas bereksplorasi, karena tidak ada aturan pasti yang harus dipahami dan dilakukan.

Adapun builder set sendiri, merupakan mainan berbentuk balok yang bisa disusun dan dibentuk sedemikian rupa. Dengan memainkannya, kemampuan motorik halus anak akan semakin terlatih dan meningkat.

Tak hanya itu, si kecil pun bisa semakin mahir dalam mengoordinasikan tangan dan mata, kemudian melatih kemampuan berpikir logis, serta melatih rasa tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas. Bagaimana, manfaat yang bisa didapat dari mainan ini sangat banyak, bukan?

5. Playdough dan Clay

Playdough dan Clay
Foto: verywellfamily.com

Terakhir ada playdough dan clay. Siapa sih di antara kamu yang tidak mengetahui mainan ini? Banyak diproduksi oleh merek-merek ternama, mainan anak 3 tahun ini ternyata mampu melatih kemampuan koordinasi pergerakan tangan anak.

Terutama mereka yang berusia tiga tahun, masih senang bermain dan mencari tahu, mainan ini bisa menjadi wadah terbaik untuk anak mengeksplor dan melakukan apa yang disukai.

Terlebih, mainan ini juga tersedia banyak di pasaran, sehingga kamu bisa menemukannya dengan mudah. Namun jika ingin berhemat, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah bersama si kecil.

Karena pada dasarnya, bahan yang dibutuhkan untuk membuat playdough dan clay sederhana. Cara pembuatannya pun tidak terlalu sulit, jadi kamu bisa menjadikannya sebagai aktivitas seru untuk mengisi waktu luang yang berkualitas dengan anak.

Nah itulah lima daftar mainan anak 3 tahun, yang sudah kamu ketahui informasinya secara lengkap di pembahasan sebelumnya.

Bagaimana, dari semua referensi tersebut, apakah satu di antaranya ada yang menarik perhatianmu untuk memilikinya?

Jika iya, maka kamu bisa langsung mencarinya di e-commerce seperti JD.ID agar lebih praktis, mudah dan cepat. Sebab, toko belanja yang satu ini sudah terbukti aman, karena hanya menjual produk-produk yang #DijaminORI.

Selain itu, pilihan mainan edukasi yang dijual pun lengkap dan beragam, mulai dari puzzles, mainan blok, hingga mainan edukasi anak lainnya yang bisa dipilih sesuai keinginan, kebutuhan dan budget yang ada.

Namun agar lebih hemat, kamu juga bisa loh menggunakan sejumlah promo yang tersedia, seperti diskon, cashback, gratis ongkir dan cicilan nol persen.

Bagaimana, sangat menggiurkan kan berbelanja mainan anak di JD.ID? Kalau begitu, tunggu apalagi? Yuk, beli sekarang sebelum kehabisan!