Bolehkan Ibu Hamil Puasa dan Bagaimana Keadaan Janinnya?

0
3472
bolehkan ibu hamil berpuasa

Puasa bagi orang islam merupakan suatu hal yang selalu dilakukan setiap tahunnya. Tujuan dari puasa yakni sebagai pengingat nikmat yang diberikan oleh Allah, sehingga kita mesti bersyukur atas segala karunia dan rezeki yang diberikan-Nya. Akan tetapi apakah boleh ibu hamil puasa?

Berpuasa saat mengalami kondisi kehamilan sering jadi pertanyaan bagi umat muslim. Apakah diwajibkan, atau justru lebih baik tidak melakukannya lalu bagaimana hukum dan kondisi janin dalam perut ibu?

Bolehkah Ibu Hamil Puasa? Ini Dia Jawaban Menurut Para Medis dan Hukumnya!

pregnancy
Source: Unsplash

Setiap Ramadhan sebagai umat islam tentunya diwajibkan untuk menjalani ibadah puasa, namun untuk beberapa kasus rupanya ibadah puasa memiliki keringanan dan hukumnya sendiri. Salah satunya dalam kasus ibu hamil.

Menurut para medis, apalbila kondisi janin dan ibu dinyatakan sehat, maka diperkenankan untuk menjalankan ibadah puasa. Namun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar kondisi janin dan ibu tetap baik-baik saja.

Syarat tersebut yakni ibu wajib memenuhi segala kebutuhan nutrisi yang baik untuk ibu serta  janinnya saat sahur dan berbuka. Perhatikan pola makan yang baik, sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein hewani, protein nabati, lemak, vitamin, dan mineral.

Selain itu konsumsi pula air putih yang banyak. Untuk aturan berbuka sendiri, apabila ibu ingin mengonsumsi makanan manis, sangat disarankan untuk mengganti makanan tersebut dengan makanan manis alami seperti buah.

Lalu bagaimana dengan hukum tidak berpuasa untuk ibu hamil? Ibu yang sedang hamil atau menyusui, jika sekirasanya di rasa takut membahayakan kondisi janin atau bayi, maka mereka diperkenankan untuk tidak berpuasa dan sebagai gantinya memberi makan orang miskin.

Baca Juga: Ini Dia Cara Cepat Hamil dengan Cepat dan Tokcer!

Bagaimana Kondisi Janin dalam Perut Saat Ibu Berpuasa?

kondisi janin saat ibu berpuasa
Source: Freepik

Banyak ibu merasa khawatir akan kondisi janin saat berpuasa. Pasalnya menurut penelitian Departemen Obstetri dan Ginekologi di Gaziantep University, Turkey, tidak ada perbedaan signifikan pada janin saat ibu berpuasa maupun tidak.

Para medis juga menyatakan bahwa ketika ibu berpuasa janin tidak akan merasa kelaparan. Puasa juga tidak mempengaruhi pertumbuhan janin. Namun ada beberapa kondisi yang tidak diperkenankan untuk berpuasa. Apa saja itu?

Beberapa Kondisi yang Tidak Memperkenankan untuk Berpuasa

Dalam beberapa sikon atau kasus yan tidak memperkenankan ibu hamil untuk berpuasa. Apa saja itu? Yang pertama yakni ketika ibu pengidap diabetes melitus, ibu mengalami flek atau pendarahan, adanya gangguan sistem pencernaan, ibu mengalami dehidrasi, atau saat kondisi janin yang kurang nutrisi.

Untuk lebih meyakinkan alangkah baiknya para ibu periksakan diri terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi ibu dan janin. Lalu mintalah saran dokter, apakah ibu diperkenankan berpuasa atau tidak.

Untuk melengkapi nutrisi ibu dan janin saat berpuasa, ibu bisa mengkonsumsi berbaai makanan dengan nilai gizi yang baik. Disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein hewani, protein nabati, lemak, vitamin, dan mineral.

Apabila sekiranya ibu sulit makan saat hamil. Ibu bisa menggantinya dengan berbagai vitamin, susu untuk ibu hamil, dan juga suplemen menurut anjuran dokter.

Bagi ibu yang ingin membeli berbagai produk untuk memenuhi nutrisi dan memperkuan kesehatan janin dengan harga yang terjakau bisa segera kunjungi JD.ID. Karena selain ada banyak promo diskon menarik, JD.ID juga memberikan jaminan produk 100% original serta layanan pengiriman yang aman, cepat, dan gratis ke seluruh Indonesia.