Cara Membuat Ketupat Lebaran Praktis dan Gak Cepat Basi

0
283
Cara Membuat Ketupat Lebaran Praktis dan Gak Cepat Basi
Ilustrasi: Freepik

Dalam rangka menyambut Hari Raya Idulfitri, hidangan ketupat memang sangat cocok untuk disantap bersama dengan opor ayam, sambal goreng, dan hidangan lainnya. Cara membuat ketupat sendiri seringkali membuat orang merasa takut terlebih dahulu, karena dianggap sulit. Namun sebenarnya membuat ketupat itu sangat mudah dan praktis lho!

Ketupat lebaran ini merupakan salah satu makanan yang wajib ada di meja. Pasalnya ketupat berasal dari kata kupat yang memiliki arti mengakui kesalahan dan empat tindakan. Nah seperti halnya dengan Idulfitri, kita harus saling bermaafan serta menjaga silaturahmi.

Baca Juga: Resep Rendang Daging Sapi Presto untuk Santapan Lebaran

Begini Cara Membuat Ketupat Lebaran yang Praktis, Cepat, Gak Pake Gagal, dan Gak Cepat Basi!

ketupat Lebaran
Ilustrasi: Freepik

Membuat ketupat sebenarnya cukup mudah, bahan dasar yang digunakan juga hanya beras saja. Sedangkan pembungkusnya ini menggunakan anyaman daun kelapa. Untuk itu yuk pelajari langkah-langkah dalam membuat ketupat!

1. Siapkan Beras dan Anyaman Ketupat

Dalam membuat ketupat, beras dan juga anyaman selongsong merupakan bahan utama yang wajib kamu persiapkan terlebih dahulu. Beras yang kamu siapkan disarankan untuk menggunakan beras pulen, namun beras pera juga diperbolehkan.

Sedangkan untuk anyaman selongsong ketupat bisa kamu beli saja di toko online atau pasar agar mempercepat waktu pembuatan. Untuk takarannya, kamu bisa tentukan sendiri. Pada umumnya untuk -/+ 750 gram beras pulen menghasilkan 5 buah ketupat ukuran besar.

2. Cuci dan Rendam 

Ditahap kedua kamu perlu mencuci beras terlebih dahulu, lalu rendam dengan air dalam baskom selama 30 menit hingga 1 jam agar beras menjadi empuk dan lembut. Tambahkan potongan daun pandan pula selama perendaman. Guna dari daun pandan ini agar nantinya ketupat memberikan wangi yang sedap.

Sedangkan untuk anyaman juga wajib kamu cuci terlebih dahulu dengan air hingga bersih. Ingat tak perlu gunakan sabun, karena dapat merubah rasa dan aroma. Lalu rendam pula anyaman tersebut selama -/+ 1 jam. Tujuan dari perendaman ini agar daun lentur dan tak cepat patah.

3. Masukan Beras dalam Anyaman 

Setelah direndam, tiriskan beras dan juga anyaman tapi. Lalu masukan beras tersebut ke dalam anyaman ketupat. Dan bersihkan sisa beras.

Sedikit tips, untuk beras yang pulen kamu bisa masukan ke dalam anyaman ketupat sebayak 2/3 bagian saja. Sedangkan untuk beras pera cukup kamu masukan 1/3 bagian.

4. Masak Ketupat

Langkah berikutnya yakni rebus air hingga mendidih, lalu masukan ketupat tersebut. Pastikan bahwa ketupat terendam dengan sempurna dalam air di panci agar dapat menghasilkan tektur yang baik.

Tambahkan ikatan atau potongan 3 daun pandan dalam rebusan agar menghasilkan aroma yang nikmat. Masukan pula 1 sendok makan garam agar ketupat tak cepat basi. Tunggu hingga mendidih kembali.

Setelah air mendidih rebus selama 15 menit. Matikan api kompor dan tunggu 30 menit dalam keadaan panci tertutup. Setelah 30 menit, air akan menyusut. Tambahkan air panas hingga ketupat terendam sempurna dan tunggu hingga air mendidih.

Baca Juga: Resep Kastengel Premium yang Renyah, Gurih dan Anti Gagal

Jika air sudah mendidih rebus kembali selama 15 menit. Lalu matikan api kompor dan tunggu selama 30 menit lagi dengan keadaan panci tertutup rapat. Setelah 30 menit, air akan menyusut kembali lalu tambahkanlagi air panas. Masak hingga air mendidih. Lalu rebus ketupat selama 10 menit. Setelah 10 menit, matikan api kompor. Lalu tiriskan.

Dengan metode ini pastinya lebih menghemat waktu dan gas. Dimana pada umumnya memasak ketupat bisa memakan waktu 4 sampai 5 jam lamanya.

5. Gantung Ketupat

Tahap terakhir yakni gantung ketupat agar cepat kering, kamu bisa angin-anginkan juga. Tujuannya agar sisa air dalam ketupat bisa keluarkan dengan baik. Dan tektur dalam ketupat bisa padat namun tetap empuk dan matang sempurna.

Alangkah baiknya jika kamu biarkan semalaman. Dan setelah itu ketupat siap disajikan bersama opor ayam, sate, sambal goreng, sayur godog, dan macam jenis lauk lainnya.

Sungguh mudah sekali bukan membuat ketupat? Tak perlu waktu yang lama untuk membuatnya. Dengan resep diatas, ketupat kamu juga mampu bertahan dalam waktu 2 hingga 3 hari lho!

Oh iya, bagi kamu yang ingin membeli alat dan bahan dari ketupat Lebaran bisa kunjungi JD Mart ya. Selain ada banyak promo diskon menarik, belanja segala kebutuhan rumah di JD.ID pastinya gratis ongkir dengan layanan pengiriman yang aman, cepat, dan terpercaya. tunggu apalagi yuk cek promonya sekarang juga!