Ulasan Lengkap Rest Area Cipali untuk Istirahat Selama Mudik

0
708
Ulasan Lengkap Rest Area Cipali untuk Istirahat Selama Mudik- jd.id
Source: Tempo.co

Tol Cipali alias Cikopo Palimanan jadi salah satu jalur tol yang padat dilalui oleh para pemudik yang menuju ke Jawa.Apalagi mengingat panjang tol yang mencapai 116 KM ini, tentunya akan cukup melelahkan bagi kamu yang melewati jalur tersebut. Meskipun begitu, tidak perlu memaksakan diri, kamu bisa beristirahat sejenak di rest area Cipali.

Di sini tersedia beberapa tipe rest area yang disediakan, mulai dari tipe A dan tipe B. Nah, untuk memberikan gambaran tentang rest area tol Cipali ini, kamu bisa menyimak langsung melalui ulasan berikut.

Baca juga: Syarat Naik Pesawat, Kereta Api, dan Bus untuk Mudik Lebaran 2022!

Tipe Rest area Cipali

Tipe Rest area Tol Cipali - JD.ID
Source: Prabunews

Selama musim mudik Lebaran 2022 ini, fungsi rest area ini cukup vital. Sebab seperti kita tahu rest area adalah tempat yang selalu dimanfaatkan untuk beristirahat sejenak dari lelahnya perjalanan. Khawatir jika terlalu memaksakan diri ini bisa berbahaya baik bagi pengemudi atau pun penumpang.

Sebagai tempat perisitirahatan kendaraan, rest area dalam setiap jalan bebas hambatan dibagi dalam beberapa tipe di antaranya:

  • Rest area tipe A 

Ini merupakan rest area yang memiliki fasilitas paling lengkap sekaligus juga paling besar. Umumnya sarana di dalamnya yang disediakan berupa SPBU, area parkir, pujasera, musala, minimarket, food court, toilet umum, layanan kesehatan, ATM, ruang laktasi, masjid, play ground anak-anak, top up saldo e-toll hingga bengkel.

  • Rest area tipe B 

Ini merupakan rest area yang ukurannya sedikit lebih kecil. Walaupun begitu, kamu tetap bisa memanfaatkan lokasi ini untuk beristirahat karena memiliki beberapa fasilitas seperti area parkir, foodcourt, minimarket, pujasera, musala, toilet umum hingga ATM.

  • Parking bay

Selain dua tipe di atas, beberapa jalan tol juga dilengkapi dengan parking bay. Parking bay adalah tempat yang hampir mirip seperti rest area tetapi dengan fasilitas yang lebih sedikit berupa tempat parkir, toilet dan musala.

Perbedaan Tipe Rest area Tol Cipali

Perbedaan Tipe Rest area di Tol Cipali
Source: Bisnis.com

Dari jenis rest area di atas, ada beberapa perbedaan yang sebaiknya kamu ketahui. Hal ini agar kamu bisa memilih rest area yang tepat untuk beristirahat.

  • Di antara tiga jenis rest area di atas, rest area yang memiliki lahan yang luas dan kapasitas yang cukup besar adalah rest area tipe A di tol Cipali.
  • Jika ingin mencari fasilitas yang komplit seperti SPBU, masjid, playground, hingga bengkel sebaiknya kamu singgah di rest area tipe A karena di sini sangat komplit sarananya.
  • Tidak adanya fasilitas SPBU yang mumpuni di rest area tipe B dan parking bay

Daftar Rest area Jalur Tol Cipali

Daftar Rest area Cipali - JD.ID
Source: Bisnisnews.id

Berikut ini akan dipaparkan sebaran rest area dengan berbagai tipe yang ada di sejumlah jalur ruas tol Cikopo Palimanan.

Rest area Tipe A:

  • Rest area KM 102 arah Cirebon
  • Rest area KM 166 arah Cirebon
  • Rest area KM 101 arah Jakarta
  • Rest area KM 164 arah Jakarta

Rest area Tipe B:

  • Rest area KM 86 arah Cirebon
  • Rest area KM 130 arah Cirebon
  • Rest area KM 86 arah Jakarta
  • Rest area KM 130 arah Jakarta

Parking bay:

  • Parking bay KM 153 arah Cirebon
  • Parking bay KM 155 arah Jakarta

Rekomendasi Rest area Cikopo Palimanan dengan Fasilitas Lengkap

Rekomendasi Rest area Cikopo Palimanan dengan Fasilitasnya yang Lengkap- JD.ID
Source: Dream.co.id

Sepanjang jalur tol Cipali, kamu bisa menemukan 10 tempat peristirahatan yang bisa disinggahi selama mudik Lebaran 2022. Yang mana pada umumnya, di antara rest area tersebut terdapat tempat yang cukup favorit karena memiliki fasilitas yang komplit, yakni:

  • Rest area Cipali KM 166 arah Cirebon

Ini adalah tempat peristirahatan yang direkomendasikan karena memiliki fasilitas mumpuni dan Instragamable. Bertempat di Jl Jatiwangi, rest area ini memiliki masjid modern yang besar, megah dengan kapasitas hingga 1000 orang plus dilengkapi fasilitas full AC (Air Conditioner).

Kamu juga bisa menemukan sarana penunjang lainnya di sekitaran pelataran masjid berupa ruang laktasi dan arena bermain anak. Area food dan beverage juga tersedia dengan berbagai menu makanan. Engga lupa juga di sini kamu bisa isi ulang top up e-toll agar tidak kekurangan saat bayar tarif tol.

Baca juga: Daftar Tarif Tol Jakarta Bandung Terbaru Khusus Mobil Pribadi

  • Rest area KM 102 arah Cirebon

Jika kamu mulai merasakan lelah di sepanjang tol Cipali wilayah Purwakarta, kamu bisa mampir sejenak di rest area ini.

Terdapat berbagai sarana untuk menyegarkan otak dan tubuh agar kembali fresh, seperti kafe Starbuck, masjid yang bersih dan besar, fasilitas makan yang lengkap, SPBU, toilet hingga ada juga stand penjualan baju.

  • Rest area KM 86 arah Jakarta

Rest area ini merupakan tempat yang cocok kamu singgahi saat arus balik nanti. Meskipun masuk dalam rest area tipe B, tetapi fasilitasnya tidak kalah mumpuni.

Di dalamnya tersedia sarana tempat makan yang bersih, SPBU Mini dan supermarket. Uniknya lagi di sini tersedia musala dengan toilet gratis yang menyediakan water heater untuk digunakan mandi!

Itu dia ulasan lengkap mengenai rest area Cikopo Palimanan (Cipali) yang mungkin akan kamu lewati. Jika kamu sudah merasa cukup pegal dan ngantuk saat berkendara jangan lupa untuk beristirahat sebentar di lokasi rest area tersebut. Dengan beristirahat ini bisa membantu menghilangkan rasa letih saat berkendara.

Tidak lupa juga persiapkan segala keperluan mudik dengan baik, mulai dari mengecek kondisi mobil seperti aki, oli mobil, ban mobil hingga rak bagasi atas bila diperlukan. Kamu bisa membelinya dari sekarang melalui JD.ID.

Dengan membeli kebutuhan mudik di JD.ID kamu akan mendapatkan GRATIS Ongkir, pengiriman cepat, diskon, voucher hingga cashback yang menguntungkan. Jadi, tunggu apalagi? Yuk segera beli keperluan mudik di JD.ID sekarang dan pastikan kamu bisa bertemu keluarga di rumah dengan selamat!